Skip to main content
Back

Tanya-jawab dengan Portfolio Manager: Ekuitas sektor layanan kesehatan global

24 Agustus, 2023

 

Steven Slaughter, Lead Portfolio Manager

CJ Sylvester, Portfolio Manager

 

COVID-19 sebagai krisis kesehatan global serta pukulan keras bagi pasar keuangan global telah kita lewati bersama. Namun, di tengah resesi ekonomi seperti yang telah diperkirakan, dunia tengah menyesuaikan diri dengan era pasca-pandemi. Di dalam tanya jawab kali ini, Lead Portfolio Manager Steven Slaughter, dan Portfolio Manager CJ Sylvester, akan menyoroti bagaimana Global Healthcare Team kami mengadopsi pendekatan terdiferensiasi dengan melakukan triangulasi terhadap tesis investasi mereka serta menguantifikasi masukan-masukan kunci ke dalam kerangka kerja investasi.

 

 

1. Meskipun COVID-19 telah berakhir, kekhawatiran pasar mengenai kemungkinan terjadinya resesi tetap ada. Bisakah Anda mengilustrasikan kemampuan bertahan sektor ini beserta sub-sektornya di tengah downturn pasar yang telah terjadi sebelumnya?


Seperti telah disoroti oleh Tim Strategi Makroekonomi di dalam Outlook Makro Global Q3, 2023, resesi hanyalah tertunda, bukan batal terjadi. Kekhawatiran pasar mengenai resesi ekonomi di AS akan berlanjut hingga ke paruh kedua tahun ini. 
 

Seperti telah diketahui oleh para investor kami, sektor layanan kesehatan tetap menjadi sektor ekonomi yang paling resisten terhadap resesi. Sektor ini telah menjadi sebuah kekuatan defensif di tengah meningkatnya volatilitas dan ketidakpastian ekonomi. Kinerja sektor layanan kesehatan yang baik di tengah terjadinya downturn perekonomian terutama disebabkan oleh permintaan yang bersifat inelastis terhadap sumber daya medis.
 

Selama periode-periode resesi yang lalu, dispersi sub-sektor terjadi secara luas. Sub-sektor farmasi memberikan proteksi yang baik, terkadang bahkan lebih baik, sementara bioteknologi outperform di tiga dari empat downturn pasar yang baru terjadi. Selain itu, sub sektor jasa dan penyedia layanan kesehatan juga mengalami kenaikan return di tiga resesi terakhir (lihat bagan 1).
 

Bagan 1 Ekuitas layanan kesehatan menunjukkan resiliensi selama terjadinya downturn perekonomian yang baru lalu

Sumber: FactSet, semua return industri lainnya dari Morningstar, Inc. Kinerja masa lalu tidak menunjukkan hasil di masa depan. Tidak dimungkinkan berinvestasi secara langsung pada indeks. Sumbu Y mewakili return indeks. Bioteknologi mengacu pada MSCI World/Biotechnology GR (USD), Peralatan&pasokan layanan kesahatan mengacu pada MSCI World/Health Care Equipment & Supplies GR (USD), Jasa&penyedia layanan kesehatan mengacu pada MSCI World/Health Care Providers & Services GR (USD), Farmasi mengacu pada MSCI World/Pharmaceuticals GR (USD) dan Jasa&peralatan ilmu hayati mengacu pada MSCI World/Life Sciences Tools & Services GR (USD). *Return selama bubble tech unwinding dan krisis keuangan global tidak tersedia.

 

2. Apa yang menjadi faktor pembeda bagi kapabilitas investasi sektor layanan kesehatan kita selama terjadinya naik turun di pasar?

Penelitian fundamental yang dilakukan dalam skala harian oleh para profesional investasi berpengalaman dengan latar belakang medis yang solid mendasari pendekatan investasi kami yang terdiferensiasi. Rata-rata, manajer portofolio kami memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun yang mencakup mulai dari perusahaan layanan kesehatan multinasional berskala besar hingga firma-firma manajemen aset global. Hal ini meletakkan landasan yang solid yang membantu kami dalam membuat pertimbangan-pertimbangan investasi yang vital di dalam lanskap layanan kesehatan yang lebih luas. Steven Slaugther yang memiliki latar belakang pendidikan biologi, serta CJ Sylvester yang berpendidikan di bidang biologi, neurobiologi, serta fisiologi, memperkuat tim kami dengan basis pengetahuan untuk secara efektif berhubungan dengan komunitas medis dan sains mengenai teknologi-teknologi terkini serta kemajuan di sektor layanan kesehatan. Hal tersebut, yang dikombinasikan juga dengan kepakaran industri yang mendalam yang diperlukan untuk melakukan riset fundamental, memungkinkan kami untuk menemukan ide-ide investasi yang menarik sebelum ide-ide tersebut diapresiasi oleh para pelaku pasar yang lebih luas. 
 

Menambahkan lapisan penelitian ilmiah berdasarkan analisis ekuitas fundamental


Selain analisis ekuitas fundamental tradisional melalui layar investasi dan pemodelan finansial, tim kami mendedikasikan energi serta passion untuk membangun pemahaman ilmiah yang mendalam dan berwawasan luas mengenai sektor layanan kesehatan. Hal ini didasarkan pada penelitian fundamental dari:

  • Kunjungan ke klinik dan rumah-rumah sakit
  • Rapat-rapat perusahaan
  • Pertemuan dengan para investor
  • Review jurnal medis
  • Konferensi-konferensi medis
  • Kepemilikan sebelumnya


Selama proses penelitian, anggota tim kami bertindak sebagai steward, secara proaktif menghadiri rapat-rapat perusahaan dan pertemuan dengan para investor, bekerja sama dengan para pemimpin industri, serta terlibat langsung dengan para C-suite dan board members (tidak terbatas pada hanya perusahaan yang dimiliki dalam portofolio kami). Hubungan korporasi kami yang panjang juga memberikan kemampuan kepada tim kami untuk melakukan analisa risiko dan peluang yang obyektif menyangkut Lingkungan, Sosial, dan Tata kelola (LST) – mendorong perubahan positif yang dapat menguntungkan bagi pertumbuhan perusahaan yang bersifat jangka panjang dan didorong oleh value.


Keberlangsungan kapabilitas penelitian kami di lapangan sangat penting dalam proses pengambilan keputusan dari bawah ke atas. Hal ini mencakup: i) mengevaluasi ukuran end-market dan permintaan produk, ii) mengidentifikasi kekuatan jalur produksi dan melakukan analisa terhadap produk dari kompetitor, dan iii) melakukan asesmen terhadap kekuatan tim-tim manajemen.


Mengingat besarnya passion kami terhadap industri layanan kesehatan yang terus berubah, kami memantau dan mencerna jurnal medis dan publikasi ilmiah dari sudut pandang praktisi. Pendekatan ini menjamin bahwa kami memperhatikan setiap kemajuan medis di bidang farmasi dan terapi. Hasilnya, kami terhindar dari ketergantungan yang berlebihan terhadap riset-riset sekunder atau yang bersifat sell-side, memungkinkan kami untuk secara independen mengevaluasi pasar, mengungkap ide-ide yang tersembunyi, mengembangkan analisa yang mendalam, serta membuat penilaian yang didasari oleh faktor-faktor yang lebih dari sekedar angka-angka finansial dan sentimen pasar. Seni menggabungkan berbagai masukan kuantitatif dan kualitatif adalah aset utama kami dalam menghasilkan ide – proses riset interaktif yang unik yang dapat mengungkapkan peluang-peluang pasar yang kurang terapresiasi. 

 

3. Munculnya dampak kesehatan yang merugikan bagi mereka yang sebelumnya terinfeksi COVID meningkatkan kesadaran akan pentingnya penanganan terhadap kebutuhan medis yang belum terpenuhi tersebut. Bagaimana Anda menerapkan pendekatan riset Anda kala mengidentifikasi peluang penciptaan alpha sebagai hasil dari dampak jangka panjang pandemi tersebut?


Sebagaimana telah kami soroti dalam outlook 2023 kami, proses penelitian fundamental Manulife IM telah mengidentifikasi serangkaian studi penelitian yang telah dipublikasikan yang mencatat peningkatan morbiditas di kalangan pasien yang telah pulih dari infeksi COVID-19, serta peningkatan risiko penyakit-penyakit kardiovaskular, diabetes, dan penyakit sistem syaraf pusat (SSP) dibandingkan dengan mereka yang belum pernah terinfeksi. Ditambah lagi dengan belum terpenuhinya kebutuhan medis untuk penyakit yang telah ada sebelumnya, kami melihat banyaknya peluang bagi investor berpengalaman dengan wawasan yang tajam yang dapat mengidentifikasi peluang pasar yang kurang terapresiasi dan mampu outperform. Pendekatan kami terus memberikan informasi mengenai bagaimana kami mengevaluasi peluang investasi di sektor layanan kesehatan. Untuk mencapai hal tersebut, temuan-temuan yang disebutkan di atas yang berkaitan dengan perubahan struktural di sektor layanan kesehatan (termasuk namun tidak terbatas pada long COVID) mendukung pentingnya pengelolaan secara efektif penyakit-penyakit lainnya yang telah ada sebelumnya, diagnosis yang disarankan oleh riset kami menyatakan bahwa pasien-pasien komorbid tersebut memiliki risiko morbiditas dan mortalitas yang lebih tinggi akibat COVID-19. Sebagai contoh, kami terus menaruh perhatian pada perusahaan-perusahaan yang memiliki pengobatan baru untuk penyakit-penyakit SSP (depresi, Alzheimer) dan berfokus pada penyakit-penyakit langka (orphan diseases, penyakit yang penderitanya kurang dari 200.000 orang). Kami melihat semakin tingginya pemahaman mengenai sebab-sebab genetik dari penyakit-penyakit tersebut, dan pemahaman tersebut tengah diaplikasikan terhadap obat-obat baru yang dapat berdampak besar bagi para pasien. Kami juga mengidentifikasi beberapa perusahaan bioteknologi kecil dengan upside yang signifikan serta potensi penciptaan alpha, mengingat bahwa inovasi perusahaan-perusahaan tersebut tengah dalam tahap akhir pengembangan klinis.

 

Kesimpulan


Secara keseluruhan, kami meyakini bahwa sektor layanan kesehatan akan tetap menjadi salah satu segmen paling defensif di dalam skenario resesi ekonomi potensial yang manapun. Ditambah dengan inovasi-inovasi serta kemajuan di bidang medis yang belum ada sebelumnya yang diharapkan muncul pada era pasca COVID-19 akan menyediakan peluang bagi pertumbuhan pasar. Pendekatan penelitian terdiferensiasi kami, yang didukung oleh para profesional investasi yang berpengalaman dengan latar belakang medis yang solid,  memungkinkan kami untuk melihat lebih dari sekadar angka finansial dan sentimen pasar untuk mengidentifikasi perusahaan-perusahaan dengan potensi keuntungan dan penciptaan alpha lebih dulu dibandingkan yang lain. 


Kami terus memperhatikan adanya permintaan yang belum ada sebelumnya di antara perusahaan-perusahaan dengan produk dan jasa yang memenuhi ketiga prinsip panduan: i) kebutuhan medis yang belum terpenuhi, ii) peluang pasar yang kurang terapresiasi, iii) kemampuan untuk membengkokkan kurva biaya layanan kesehatan. 

 

Unduh Dokumen



  • IDB: Fed memberi sinyal penundaan penurunan suku bunga

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
  • Investment note: Tensi geopolitik Timur Tengah terkini

    Baca selengkapnya
  • IDB: Eskalasi konflik geopolitik & data ekonomi AS yang kuat membayangi pasar finansial global

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
Lihat semua

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Confirm