Skip to main content
Back

Prosedur penanganan pengaduan investor

Nasabah dapat menyampaikan pengaduannya ke LANI (Layanan Investasi MAMI) setiap hari kerja, Senin - Jumat pukul 08.00-17.00.

Berikut prosedur penanganan pengaduan investor sesuai ketentuan peraturan Otoritas Jasa Keuangan.

  1. LANI (Layanan Investasi MAMI) menerima dan mencatat pengaduan dari investor. Setelah memverifikasi pengaduan yang disampaikan, investor akan mendapat nomor pengaduan.
  2. LANI dapat meminta investor untuk menyampaikan dokumen pendukung apabila diperlukan. Investor memiliki waktu 10 hari kerja untuk melengkapi dokumen pendukung yang diperlukan dan jangka waktu tersebut dapat diperpanjang untuk 10 hari kerja lagi untuk kondisi tertentu.

 

  1. LANI akan melakukan pemeriksaan internal dan analisis atas pengaduan yang disampaikan investor.
  2. Pengaduan secara lisan ditindaklanjuti dan diselesaikan paling lama 5 hari kerja sejak pengaduan diterima. Pengaduan tertulis akan ditindaklanjuti dan diselesaikan paling lama 10 hari kerja sejak dokumen diterima secara lengkap. Dalam kondisi tertentu, jangka waktu dapat diperpanjang paling lama 10 hari kerja, dengan ketentuan diberitahukan secara tertulis kepada investor.
  3. Penyelesaian pengaduan yang dilakukan lebih dari jangka waktu di atas, dapat dilakukan dengan ketentuan yang diberitahukan secara tertulis kepada investor.

 

Tanggapan atas pengaduan akan disampaikan kepada investor secara lisan atau tertulis. Sesuai ketentuan prospektus, maka pengaduan investor yang tidak dapat diselesaikan akan dirujuk pada Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa di Sektor Jasa Keuangan yang telah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Publikasi statistik penanganan pengaduan dapat dilihat di sini.

 

Confirm