Skip to main content
Back

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI

17 April, 2024


PT Manulife Aset Manajemen Indonesia ("MAMI") telah memperhatikan munculnya situs web, akun media sosial, aplikasi atau platform komunikasi lain yang dimaksudkan untuk meniru perusahaan manajer investasi seperti MAMI dan melakukan praktik penipuan produk investasi ilegal ataupun bentuk lainnya. Berdasarkan data OJK, sejak tahun 2018 hingga 2022, kerugian yang dialami masyarakat akibat investasi ilegal telah mencapai Rp126 triliun. Adapun aduan yang diterima OJK terkait modus penipuan berupa skimming, phising, social engineering dan sniffing adalah sebanyak 72.618 (6,5% dari seluruh aduan yang masuk sebanyak 1.116.175 layanan).

 

Oleh karenanya MAMI mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap segala jenis penipuan berkedok investasi bodong, kerja sama/pinjaman modal usaha, atau undian berhadiah yang mengatasnamakan MAMI maupun pihak yang mempergunakan atribut berkaitan dengan atau serupa dengan MAMI. Waspadai keaslian dan kebenaran informasi publikasi yang mengklaim terkait, diterbitkan atau diizinkan oleh MAMI. Terapkan prinsip kehati-hatian sebelum memutuskan untuk berinvestasi dan bertransaksi dengan alternatif investasi apa pun. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan melalui hotline Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di telepon 157, WhatsApp 081157157157, dan email konsumen@ojk.go.id.

 

Berikut ini adalah saluran resmi untuk mengakses informasi MAMI di domain publik di Indonesia.
 

Situs resmi MAMI:

Media sosial resmi MAMI

 

Dihimbau agar hanya mengakses informasi MAMI dari saluran resmi tersebut diatas. Selain saluran resmi yang disebutkan di atas, situs web, akun media sosial, aplikasi atau platform komunikasi apa pun yang mengklaim mewakili MAMI tidak diizinkan oleh MAMI dan informasi yang disebutkan di dalamnya mungkin tidak benar dan menipu. Terus berhati-hati dalam menerima informasi yang tidak dikeluarkan oleh situs, akun media sosial resmi MAMI. MAMI tidak bertanggung jawab ataupun dimintakan pertanggungjawaban atas kerugian dan/atau segala akibat yang mungkin ditimbulkan dari penipuan yang mengatasnamakan MAMI.

 

Jika Anda mengalami insiden mencurigakan atau memiliki keraguan tentang aplikasi, situs web, akun media sosial, individu atau institusi yang terkait dengan MAMI, silakan hubungi kami melalui e-mail hai@manulifeam.com, telepon +62 21 2555 2255 atau WhatsApp +62 811 2552256. Anda juga dapat melaporkan hal tersebut ke pihak yang berwenang atau pihak kepolisian.

 

Pahami lebih lanjut  tentang bagaimana cara mewaspadai dan melindungi diri Anda dari berbagai modus penipuan dengan mengklik tautan ini. Dapatkan tips kehati-hatian dan panduan melindungi diri dari penipuan termasuk penjelasan bagaimana kami di Manulife Aset Manajemen Indonesia melindungi privasi Anda.

 

 


 

 

Tentang PT Manulife Aset Manajemen Indonesia


PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (“MAMI”) adalah manajer investasi dengan total dana kelolaan terbesar di Indonesia, yaitu Rp101,6 triliun (Desember 2023) dengan pangsa pasar 12,3% (Desember 2023) di antara >90 perusahaan manajer investasi. MAMI telah hadir dan mendampingi langkah dari lebih dari 2 juta investor individu dan institusi (per akhir Desember 2023) selama 27 tahun sejak 1996. MAMI adalah bagian dari Manulife Investment Management dan Manulife Financial Corporation yang berkantor pusat di Toronto, Kanada.

  • IDB: Sentimen pasar positif menjelang rilis pendapatan Nvidia

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
  • Seeking Alpha Mei 2024: Pasar obligasi setelah kenaikan BI Rate dan ‘Higher for longer’ The Fed

    Seeking Alpha

    Baca selengkapnya
  • IWH: Moderasi inflasi AS mengangkat sentimen pasar global

    Investment Weekly Highlights

    Baca selengkapnya
Lihat semua
Informasi libur

Menyambut Hari Raya Waisak 2568 BE, kantor kami tidak beroperasi pada 23-24 Mei 2024 dan akan kembali beroperasi pada 27 Mei 2024. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Informasi libur

Menyambut Hari Raya Waisak 2568 BE, kantor kami tidak beroperasi pada 23-24 Mei 2024 dan akan kembali beroperasi pada 27 Mei 2024. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Confirm