2 Mei, 2024
Meskipun penipuan memiliki banyak bentuk, namun secara umum penipuan diartikan sebagai informasi yang keliru, penyesatan atau manipulasi fakta material atau tindakan yang disengaja dengan maksud agar seseorang mempercayai sesuatu yang tidak benar, atau untuk merampas hak, properti, atau uang mereka. Mengedukasi diri Anda sendiri seputar penipuan adalah perlindungan terbaik untuk mencegahnya.
Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara kami melindungi privasi Anda, silakan lihat Kebijakan Privasi kami. Menjaga privasi dan kerahasiaan informasi pengguna jasa dan seluruh nasabah merupakan prioritas utama dan komitmen kami.
PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) telah memperhatikan munculnya situs web, akun sosial media, aplikasi atau platform komunikasi lain yang dimaksudkan untuk meniru MAMI. MAMI juga mewaspadai penipuan yang dilakukan oleh kelompok kejahatan terorganisir yang mengaku sebagai MAMI dan menawarkan program maupun produk investasi palsu yang tidak dijual atau dipasarkan oleh MAMI dan mitra distribusinya.
Hampir semua kejahatan transaksi digital menggunakan teknik rekayasa sosial, yaitu manipulasi melalui interaksi sosial dengan memanfaatkan kelengahan manusia sehingga nasabah secara tidak sadar memberikan informasi rahasia kepada pelaku kejahatan.
Menurut organisasi internasional Anti-Phishing Working Group (APWG), kejahatan siber phishing paling banyak menyasar sektor industri jasa keuangan. Indonesia Anti-Phishing Data Exchange (Idadx) melaporkan jumlah serangan phishing di Indonesia pada meningkat 700 persen lebih dibandingkan dengan 2022. Dalam 5 tahun terakhir, serangan yang terjadi pada kuartal I/2023 sebesar 26.675 serangan adalah yang tertinggi yang pernah terjadi dalam 3 bulan. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sejak tahun 2018 hingga 2022, kerugian yang dialami masyarakat akibat investasi ilegal telah mencapai Rp126 triliun. Adapun aduan yang diterima OJK terkait modus penipuan berupa skimming, phising, social engineering, dan sniffing adalah sebanyak 72.618 (6,5% dari seluruh aduan yang masuk sebanyak 1.116.175 layanan).
Pelaku bisa menghubungi nasabah dan mengaku sebagai perwakilan, karyawan atau pejabat institusi keuangan atau orang yang dikenal, dengan modus pembaruan data nasabah maupun penawaran hadiah, sehingga nasabah tertarik dan percaya untuk membagi informasi rahasia tersebut. Oleh karena itu, waspadai orang atau organisasi yang menggunakan media komunikasi seperti telepon, sosial media, email, situs, SMS, dan lain-lain yang meminta informasi rekening, kata sandi, dan data sensitif lainnya.
Bentuk-bentuk penipuan di bawah ini disampaikan untuk tujuan edukasi dan mungkin tidak mencakup seluruh bentuk penipuan yang ada.
Kami menyadari bahwa merek kami dapat digunakan dalam penipuan lowongan kerja di situs lowongan kerja seperti, Indeed, Glassdoor, dan Linkedin. Kami menanggapi hal ini dengan sangat serius. Calon pelamar harus mengetahui bahwa tim rekrutmen kami tidak melakukan:
Jika Anda memiliki keraguan atas keabsahan suatu lowongan pekerjaan di MAMI silakan hubungi kami melalui telepon +62 21 2555 2255 atau WhatsApp di +62 811 2552256.
Lihat contoh penipuan tawaran pekerjaan ini
Dari waktu ke waktu MAMI, seperti halnya merek-merek lembaga jasa keuangan lainnya, disalahgunakan oleh para penipu. Dengan teknologi tinggi maupun rendah, skema ini tersebar dan terus berkembang. Phishing adalah istilah umum untuk email, pesan teks, dan situs web yang dibuat oleh penjahat yang dirancang agar terlihat seperti komunikasi yang berasal dari bisnis, lembaga keuangan, dan lembaga pemerintah yang terkenal dan tepercaya dalam upaya mengumpulkan informasi pribadi, keuangan, dan informasi sensitif dari penerima. Aktivitas penipuan ini juga dikenal sebagai rekayasa sosial. Variasi dari tema yang sama termasuk skema yang dilakukan melalui email atau surat biasa, di mana korban dibujuk untuk membayar uang kepada seseorang untuk memperoleh sesuatu yang bernilai lebih besar, atau skema telemarketing di mana korban dibujuk untuk memberikan informasi pribadi atau keuangan melalui telepon.
Masih terkait phising, MAMI telah mengidentifikasi bahwa tinggi kemungkinannya jika modus penipuan dilakukan dengan menghubungi individu melalui media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Telegram atau email pribadi menawarkan investasi bodong/palsu. Jika Anda dihubungi melalui media sosial mengenai skema investasi dikaitkan dengan MAMI, silakan hubungi Layanan Investasi MAMI (LANI). MAMI senantiasa aktif bekerja sama dan melaporkan insiden kepada platform media sosial, penegak hukum, dan regulator untuk menghindari kejadian serupa menimpa orang lain.
MAMI tidak berpartisipasi dalam kerja sama program undian. Penipuan biasanya menggunakan surat atau email pengumuman kemenangan undian atau program berhadiah. Komunikasi mungkin mencantumkan nama, alamat dan logo MIM atau Manulife. Anda akan diminta untuk menyetorkan sejumlah uang ke rekening bank tertentu, untuk menutupi biaya atau pajak hadiah. Jangan mentransfer atau menyetorkan cek yang mungkin dikirimkan bersama surat penipuan atau berkorespondensi dengan pihak pengirim atau panitia program undian berhadiah; surat dan cek yang berisikan merek MAMI atau Manulife adalah palsu. Jangan mengeklik tautan apa pun yang disertakan dalam email atau komunikasi elektronik lainnya.
Lihat contoh penipuan undian berhadiah ini
Para penipu menggunakan merek MAMI, mengiklankan layanan pinjaman di Internet atau di publikasi lainnya. Agar “memenuhi syarat” untuk mendapatkan pinjaman, korban diminta untuk memberikan informasi identitas pribadi, keuangan, perbankan, atau kartu kredit melalui situs web atau email. Setelah itu, akan ada komunikasi yang menyetujui pinjaman, tetapi meminta biaya pemrosesan dibayar di muka sebelum pinjaman diberikan. Anda akan diminta untuk menyetorkan sejumlah uang ke rekening bank tertentu, untuk menutupi biaya atau pajak hadiah. Jangan mentransfer dana ke rekening yang mungkin dikirimkan bersama surat penipuan atau berkorespondensi dengan pihak pengirim atau panitia program pinjaman; surat dan cek yang mencantumkan merek MAMI adalah palsu. Jangan mengeklik tautan apa pun yang disertakan dalam email atau komunikasi elektronik lainnya.
Lihat contoh penipuan pinjaman
Untuk menghindari diri kita menjadi korban penipuan, kita membutuhkan kesadaran yang jauh lebih besar tentang cara-cara tertentu yang melewati pemikiran kritis kita. Kembali kami sampaikan betapa pentingnya untuk terus belajar dan mengedukasi diri dari modus penipuan yang merupakan perlindungan terbaik Anda hadapi modus penipuan. Berikut adalah beberapa tips atau kiat-kiat yang mungkin berguna untuk Anda.
Berikut ini adalah contoh sederhana dengan beberapa tips kehati-hatian yang mungkin membantu Anda memutuskan apakah pesan yang Anda dapatkan tergolong phishing atau bukan.
1. Pengirim tidak dikenal
Apakah Anda tahu dari siapa email itu berasal? Dapatkah Anda mempercayainya?
2. Konten yang mencurigakan
Apakah pesannya masuk akal? Apakah Anda mengharapkannya? Apakah biasanya Anda dikirimi pesan jenis ini?
3. Tautan & lampiran
Arahkan kursor ke tautan/URL. Apakah Anda mengenalinya? Apakah tautan tersebut tampak kredibel?
4. Signature
Apakah nama pengirim disertakan? Apakah sesuai dengan alamat email?
5. Respons emosional
Penipu mencoba memanfaatkan pancingan emosional untuk memperoleh apa yang mereka mau. Berhati-hatilah jika Anda memberikan reaksi emosional yang berlebihan, seperti merasa terburu-buru, bersemangat, takut, atau marah.
6. Unsur tekanan
Apakah Anda merasa tertekan untuk memutuskan dengan cepat mempertimbangkan sebuah tawaran investasi?
7. Hasil investasi tinggi dengan risiko rendah
Pernahkah Anda ditawari imbal hasil investasi yang tinggi dengan risiko yang tampaknya kecil atau bahkan tidak ada sama sekali?
8. Investasi eksklusif
Apakah ada penawaran peluang investasi eksklusif untuk sekelompok kecil orang, di mana Anda menjadi salah satu anggotanya?
Segera Lakukan langkah-langkah berikut untuk konfirmasi apabila terjadi hal-hal yang berpotensi memiliki modus penipuan, mengalami insiden mencurigakan atau memiliki keraguan tentang aplikasi, situs web, akun media sosial, individu atau institusi yang terkait dengan MAMI:
Penipu dapat menggunakan berbagai strategi agar terlihat resmi dan valid, seperti membuat situs web tiruan, mengarahkan Anda ke situs atau sosial media MAMI yang resmi, atau mengirimi Anda brosur atau prospektus MAMI. Mereka bahkan mungkin meminta Anda datang ke kantor pusat MAMI, untuk meyakinkan Anda mentransfer dana atau melanjutkan hubungan dalam skema penipuan mereka. Waspadai tanda-tanda ini dan selalu periksa keandalan dan keabsahan informasi dengan beberapa metode yang sudah kami jabarkan dalam artikel ini.
Tenang dan tinjau ulang sebelum mengambil keputusan investasi atau memberikan informasi pribadi, luangkan waktu sejenak untuk evaluasi dan berpikir. MAMI tidak akan pernah mendesak investor untuk mengambil keputusan investasi dalam tekanan waktu.
PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (“MAMI”) adalah manajer investasi dengan total dana kelolaan terbesar di Indonesia, yaitu Rp101,6 triliun (Desember 2023) dengan pangsa pasar 12,3% (Desember 2023) di antara >90 perusahaan manajer investasi. MAMI telah hadir dan mendampingi langkah dari lebih dari 2 juta investor individu dan institusi (per akhir Desember 2023) selama 27 tahun sejak 1996. MAMI adalah bagian dari Manulife Investment Management dan Manulife Financial Corporation yang berkantor pusat di Toronto, Kanada.
Baca artikel lainnya:
Waspada penipuan mengatasnamakan MAMI
IDB: Inflasi AS lebih tinggi dari ekspektasi
Investment Daily Bread
IDB: Pasar menantikan data inflasi AS
Investment Daily Bread
IDB: Pasar kecewa tidak ada pengumuman stimulus China tambahan
Investment Daily Bread