Skip to main content
Back

Sinyal Tapering The Fed Semakin Kuat

14 Oktober, 2021

Global – Risalah rapat FOMC The Fed bulan September mengindikasikan tapering dapat dilakukan di pertengahan November atau Desember apabila pemulihan ekonomi terus terjadi. The Fed juga mengindikasikan tapering dapat berakhir di pertengahan 2022. Sementara itu inflasi AS September lebih tinggi dari perkirakaan naik ke 5.4% YoY dari sebelumnya 5.3% karena naiknya harga energi. Inflasi inti tetap stabil pada 4.0% YoY sesuai ekspektasi. Walau demikian, imbal hasil UST 10Y turun dari 1.57% ke 1.53%. Indeks S&P 500 ditutup naik 0.30% didukung penguatan sektor utilities dan materials.

Asia – Pasar saham kawasan Asia bergerak fluktutatif menantikan data inflasi Amerika Serikat. Pasar Shanghai, Korea Selatan, dan India ditutup naik, sementara pasar Jepang dan Taiwan melemah. Sementara itu pasar 

Hong Kong tutup karena ada taifun Kompasu. Ekspor China tumbuh 28.1% YoY di September lebih tinggi dari ekspektasi, dan impor tumbuh 17.6% YoY. Secara keseluruhan indeks MSCI Asia Pacific berhasil ditutup naik 0.28%.  

Indonesia – IHSG menguat 0.78% didukung penguatan sektor industrial dan konsumer non-siklikal, sementara sektor transportasi dan energi mencatat penurunan terdalam. Investor asing mencatat pembelian bersih IDR1.2 triliun. Pasar obligasi juga ditutup naik 0.05% dengan imbal hasil obligasi pemerintah 10Y turun dari 6.23% ke 6.21%.

 

*Menggunakan data penutupan 12 Oktober 2021

Catatan: Penulisan angka pada publikasi ini menggunakan format Bahasa Inggris. Sumber: Bloomberg.

 

Unduh Dokumen

  • IDB: Fed memberi sinyal penundaan penurunan suku bunga

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
  • Investment note: Tensi geopolitik Timur Tengah terkini

    Baca selengkapnya
  • IDB: Eskalasi konflik geopolitik & data ekonomi AS yang kuat membayangi pasar finansial global

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
Lihat semua

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Confirm