Skip to main content
Back

IDB: Pasar Global Fluktuatif di Tengah Sentimen yang Variatif

2 Agustus, 2021

Global – Pasar saham melemah dibayangi oleh laporan keuangan Amazon di bawah ekspektasi karena pertumbuhan bisnis e-commerce yang melambat. Selain itu sentimen pasar juga dibayangi oleh peringatan dari CDC bahwa orang yang telah divaksinasi masih dapat menularkan COVID-19 varian Delta sehingga memicu diwajibkannya pemakaian masker kembali. Indeks S&P 500 ditutup turun 0.54% dan imbal hasil UST 10Y turun dari 1.27% ke 1.22%. Data ekonomi yang dirilis adalah PCE yang tetap pada 4.0% di Juni sesuai dengan ekspektasi, dan indeks keyakinan konsumen dari University Michigan naik ke 81.2 di Juli dari sebelumnya 80.8.

Asia – Pasar saham kawasan Asia melemah di tengah kekhawatiran meningkatnya kasus COVID-19, di mana Jepang dan Filipina memperketat restriksi sosial merespon kasus COVID-19 yang meningkat. Pasar juga dibayangi ketidakpastian  regulasi China yang terutama menekan saham perusahaan teknologi besar seperti Tencent, Meituan, dan Alibaba. Indeks MSCI Asia Pacific ditutup turun 1.24%. Data ekonomi yang dirilis adalah PMI manufaktur China yang turun ke 50.4 di Juli dari sebelumnya 50.9, dan PMI non-manufaktur yang turun dari 53.5 ke 53.3.

Indonesia – IHSG melemah 0.83% dengan investor asing mencatat penjualan bersih IDR565 miliar. Sementara itu pasar obligasi menguat 0.13% dengan imbal hasil obligasi pemerintah 10Y turun dari 6.30% ke 6.29%. 

*Menggunakan data penutupan 29 Juli 2021

Catatan: Penulisan angka pada publikasi ini menggunakan format Bahasa Inggris. Sumber: Bloomberg.

 

Unduh Dokumen

  • IDB: Sentimen global dibayangi pergeseran ekspektasi pemangkasan suku bunga

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
  • Seeking Alpha April 2024: Memahami dinamika & volatilitas pasar terkini

    Seeking Alpha

    Baca selengkapnya
  • IDB: Sentimen global masih mendominasi pasar finansial domestik

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
Lihat semua

Pastikan untuk membeli Reksa Dana Manulife melalui MAMI atau mitra distribusi kami. Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more

Pastikan untuk membeli Reksa Dana Manulife melalui MAMI atau mitra distribusi kami. Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Confirm