Skip to main content
Back

Memilih partner investasi reksa dana? Pertimbangkan 3 hal berikut

14 Januari, 2021

 

Investasi reksa dana jadi salah satu alternatif untuk menumbuhkan simpanan kita. Dalam berinvestasi biasanya dibutuhkan jangka waktu tertentu agar pertumbuhannya optimal. Agar perjalanan investasi semakin nyaman, kita harus pintar-pintar memilih partner, agar simpanan kita tak hanya sekadar tumbuh, tapi juga harus aman serta bisa digunakan saat kita perlukan.

Cobalah untuk meluangkan banyak waktu untuk mencari sebanyak-banyaknya informasi terkait partner investasi kita, jangan hanya tergiur iming-iming imbal hasil selangit atau percaya pada rekomendasi yang belum terpercaya, karena pada akhirnya kitalah yang akan bertanggung jawab atas pilihan kita. Tiga hal di bawah ini bisa kita jadikan acuan dalam memilih partner investasi reksa dana:

Konsisten dan disiplin

Konsisten dalam menerapkan strategi investasi yang telah teruji dapat memberi keunggulan tersendiri, pengalaman tim pengelola investasi menjadi faktor kunci. Partner investasi reksa dana yang memiliki tim pengelola investasi berpengalaman tentunya sudah memiliki banyak resep jitu untuk menghadapi berbagai tantangan pasar, sehingga kita pun bisa lebih nyaman dalam mempercayakan pengelolaan investasi kepada pertner yang kita pilih..

Kemudian dari sisi kedisiplinan, kita harus menggali banyak informasi tentang bagaimana partner investasi reksa dana incaran kita patuh terhadap aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh regulator seperti OJK, pastikan mereka menerapkannya secara ketat dan tak pernah melanggarnya. Dengan kedisiplinan tinggi, maka investasi reksa dana kita mampu tumbuh optimal sekaligus tak melanggar aturan.

Pengelolaan risiko

Investasi dan risiko selalu berjalan beriringan, saat investasi menawarkan imbal hasil tinggi maka risiko yang dihadapi para investornya pun tinggi begitu pun sebaliknya.

Risiko sendiri sebenarnya bukanlah sesuatu yang harus dihindari, toh menyimpan uang di bawah bantal pun tetap harus menghadapi risiko seperti kehilangan atau kerusakan. Di sinilah pentingnya pengelolaan risiko, partner investasi yang piawai dalam pengelolaan risiko akan menawarkan potensi likuiditas serta keandalan produk untuk mencapai pertumbuhan optimal pada tingkat risiko yang sesuai. Memilih partner investasi reksa dana yang mengedepankan pengelolaan risiko, akan membantu kita dalam mencapai tujuan impian yang ingin kita capai.

Rekam jejak

Kondisi pasar finansial yang sering berubah menguji daya tahan perusahaan pengelola investasi dalam melaluinya. Informasi rekam jejak bisa dijadikan dasar untuk menilai seberapa andal partner investasi reksa dana pilihan kita melaju dengan strategi-strateginya sehingga mampu bertahan menghadapi goncangan-goncangan yang terjadi di pasar finansial.

Selamat memilih partner investasi reksa dana.

Lihat semua
Informasi libur

Menyambut Hari Raya Waisak 2568 BE, kantor kami tidak beroperasi pada 23-24 Mei 2024 dan akan kembali beroperasi pada 27 Mei 2024. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Informasi libur

Menyambut Hari Raya Waisak 2568 BE, kantor kami tidak beroperasi pada 23-24 Mei 2024 dan akan kembali beroperasi pada 27 Mei 2024. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Confirm