Skip to main content
Back

Kelola keuangan di tengah perubahan

20 Oktober, 2021

 

Berubahnya cara hidup yang dilatari pandemi terus berlanjut. Tren interaksi menjadi virtual, belanja dan order makanan secara online, menjadi hal yang biasa dilakukan saat ini. Begitu juga rencana keuangan yang perlu ditata kembali, untuk terus diselaraskan dengan kondisi Anda saat ini. Berikut ini beberapa kesalahan fatal yang bikin hari esok makin tak jelas.

  • ​Tak siap hadapi keadaan darurat

​Ternyata apa yang kita kira mustahil, bisa saja terjadi. Pelajaran berharga yang kita saksikan: Ternyata keadaan darurat itu nyata: bisa terjadi dalam bentuk apa pun, tak disangka, dan butuh jalan keluar segera. Mungkin di sekitar kita banyak yang kondisi keuangan "kocar-kacir" disebabkan hilangnya sumber penghasilan utama sementara tak pernah menyiapkan dana cadangan untuk menyokong hidup. Mari benahi keuangan kita selagi mampu. Siapkan diri dan keluarga menghadapi kemungkinan datangnya keadaan darurat berikutnya.

  • ​Asik belanja, invest belakangan

Saat kita terbiasa dengan kebiasaan-kebiasaan baru, di mana rutinitas lebih banyak dilakukan di rumah, beberapa pos pengeluaran cenderung berkurang namun bisa jadi beberapa pos lainnya terjadi penambahan. Nah, ini bisa jadi saat yang tepat untuk melakukan refleksi, memilah mana yang benar perlu dan sekedar ini. Saat yang tepat menyusun kembali prioritas kita mengamankan masa depan. Hitung ulang berapa kebutuhan hidup, lalu segera mulai investasi agar kita selangkah lebih dekat ke tujuan-tujuan hari esok.

  • ​Aset banyak, tapi tak likuid

Harta melimpah, tapi dalam bentuk yang tak dapat dicairkan segera? Hati-hati, dalam kondisi tak pasti seperti saat ini, baiknya kita memiliki seporsi kekayaan yang cukup likuid, dapat digunakan kapan saja, tetapi masih terus tumbuh setidaknya di atas inflasi. Reksa dana adalah salah satu pilihan alternatif menyimpan dana menumbuhkan aset dengan fitur likuiditas: bisa dicairkan kapan saja.

  • ​Single income

Saat ini kita mungkin luput dari kehilangan pendapatan akibat kondisi pandemi. Tapi bagaimana ke depannya? Pastikan kita tak mengandalkan hanya satu sumber penghasilan tambahan dari uang simpanan kita.

Dengan berbagai pelajaran yang diberikan oleh perubahan-perubahan yang kita alami seperti saat ini, mari atur ulang keuangan agar kita lebih siap menghadapi tantangan-tantangan esok hari.

Lihat semua
Informasi libur

Menyambut Hari Raya Waisak 2568 BE, kantor kami tidak beroperasi pada 23-24 Mei 2024 dan akan kembali beroperasi pada 27 Mei 2024. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Informasi libur

Menyambut Hari Raya Waisak 2568 BE, kantor kami tidak beroperasi pada 23-24 Mei 2024 dan akan kembali beroperasi pada 27 Mei 2024. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Confirm