Skip to main content
Back

Dollar cost averaging: Jalan termudah untuk melaju di tengah volatilitas pasar

19 April, 2023

 

Dapatkah kita memprediksi harga indeks pasar saham negara berkembang naik atau turun dalam 3 tahun ke depan? Tanpa bantuan “bola kristal”, sangat sulit memperkirakan tren pasar ke depannya, belum lagi keterbatasan kita dalam mengidentifikasi waktu terbaik untuk masuk ke pasar. Jika investor ingin mengurangi volatilitas sekaligus meraih potensi imbal hasil dari pertumbuhan jangka panjang di tengah pasar yang berfluktuasi, maka strategi dollar cost averaging bisa menjadi pilihan yang sangat mumpuni.  

Apa yang dimaksud dengan dollar cost averaging?
 

Ini merupakan metode investasi secara reguler dalam jumlah yang sama pada suatu instrumen investasi tertentu – terlepas dari fluktuasi yang terjadi di pasar. Hasilnya, seorang investor akan membeli unit lebih banyak ketika harga sedang turun dan begitu sebaliknya ketika harga sedang naik.

Mengapa menggunakan strategi ini?
 

Pasar finansial yang berfluktuasi seringkali menjadi kendala dalam menemukan momen terbaik untuk berinvestasi.

Tidak ada satupun strategi investasi yang mampu menjamin keuntungan mudah atau imbal hasil yang tinggi. Jadi, sangat penting untuk menemukan strategi jangka panjang yang andal dan sesuai dengan profil risiko, tujuan keuangan, dan kondisi keuangan kita. Berikut adalah keunggulan dari dollar cost averaging:

 

  • Investor berinvestasi secara reguler dengan jumlah dana yang sudah diatur sebelumnya, terlepas bagaimana kondisi pasar. Biasanya investor menyiapkan dana yang lebih kecil untuk strategi ini jika dibandingkan saat berinvestasi secara lump-sum. Oleh karena itu, strategi ini sangat ideal untuk investor yang konservatif, tidak memiliki waktu untuk memantau pergerakan harga, atau keuangan yang terbatas.

  • Saat pergerakan pasar tidak bisa ditebak (naik turun secara drastis), investor tak berpengalaman mungkin akan panik dan mengambil keputusan irasional, seperti membeli di harga berapa pun karena takut ketinggalan momen atau menjual saat harga turun untuk menghindari kerugian di tengah pasar yang sedang terpuruk. Dollar cost averaging dapat membantu mengurangi potensi efek negatif pola investasi irasional investor dalam menggapai keuntungan.

  • Saat pasar berfluktuasi, terbuka peluang untuk mendapatkan unit dengan harga murah, yang secara rata-rata bisa jadi lebih murah dari harga unit investasi yang dilakukan secara lump-sum selama periode tertentu. Hal tersebut juga akan membantu diversifikasi risiko. Saat harga instrumen investasi atau pasar bergerak naik di tengah situasi yang tak pasti, investor mungkin akan mendapatkan potensi keuntungan pada periode tersebut dan bahkan bisa jadi lebih baik dibanding dengan kinerja investasi secara lump-sum (Lihat contoh berikut)
     

Hanya untuk ilustrasi

Sumber: MSCI dan Bloomberg, per tanggal 2 Februari 2023. Total return dalam dolar AS.




Sumber: Bloomberg dan MSCI, per 31 Januari 2023. Pengembalian total dalam dolar AS. Nilai indeks dibuat kembali menjadi US$ 10 (harga unit awal) pada tanggal 28 Februari 2018. Investasi bulanan dilakukan setiap akhir bulan dengan harga unit berbasis ulang. Per 28 Februari 2023, alokasi geografis indeks pasar Berkembang MSCI adalah sebagai berikut: Tiongkok (32,11%), Taiwan (15,26%), India (13,23%), Korea Selatan (11,74%), Brazil (5.05%), dan lainnya (22,61%). Contoh yang disebutkan hanya untuk tujuan ilustrasi. Informasi tersebut tidak menunjukkan kepemilikan portofolio yang sebenarnya atau merupakan rekomendasi atau saran investasi apa pun. Investasi yang berbeda memiliki pola volatil yang berbeda. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa depan.
 

Kunci sukses dari investasi lump-sum adalah keputusan investasi yang tepat


Strategi lump-sum mungkin lebih familiar di kalangan investor yang pengalaman di pasar saham, obligasi, dan reksa dana. Pada dasarnya kedua strategi ini memilki keunikan masing-masing, potensi imbal hasil akan sangat bervariasi bergantung pada kondisi pasar. Seluruh pelaku pasar mempercayai bahwa jika harga instrumen investasi terus naik, strategi lump-sum mampu menghasilkan potensi yang lebih baik, terutama untuk investor berpengalaman yang paham pergerakan pasar, namun kita perlu ingat:

  • Kunci sukses investasi secara lump-sum adalah menangkap peluang terbaik untuk masuk dan keluar dari pasar. Namun, kenyataannya, beli saat turun dan jual saat naik itu tidak mudah.

  • Investor berpengalaman mampu mengelola emosi dan tenang serta fleksibel saat menghadapi fluktuasi di pasar.

  • Investor yang minim pengalaman cenderung memprediksi pergerakan pasar, bereaksi terhadap pergerakan pasar sementara, dan akhirnya keluar dengan kerugian.

Strategi investasi yang terstruktur, harus dilakukan secara disiplin


Memanfaatkan setiap peluang di pasar hampir selalu lebih baik dibanding memanfaatkan peluang sesekali. Investasi dalam jangka waktu yang panjang berpotensi memberikan imbal hasil positif sebagai buah dari kesabaran, sementara investor impulsive mungkin akan mengalami kerugian.

Dollar cost averaging
mengajak investor untuk berinvestasi dengan disiplin secara mudah dan sederhana. Ketika strategi ini sudah diaktifkan, secara otomatis alokasi reguler dalam jumlah yang tetap akan diinvestasikan terlepas dari bagaimana kondisi pasar dan kondisi psikologis mereka, hal ini akan membantu menghindari keputusan yang tak tepat. Jika investor yakin bahwa strategi ini akan membantu mereka mencapai tujuan keuangan, mereka harus secara aktif menambah aset dengan potensi pertumbuhan jangka panjang dan mulai mengatur rencana investasi rutin bulanannya.



Unduh Dokumen

 

  • Pilih reksa dana pasar uang atau deposito?

    Menua bersama pasangan hidup, menjadi impian banyak pasangan. Namun perjalanan untuk menuju kesana, tidak semudah itu.

    Baca selengkapnya
  • Menua bahagia bersama pasangan

    Menua bersama pasangan hidup, menjadi impian banyak pasangan. Namun perjalanan untuk menuju kesana, tidak semudah itu.

    Baca selengkapnya
  • Net worth: Gambaran besar kondisi kesehatan finansial

    Income saja sudah tak lagi relevan. Net worth-mu bicara lebih banyak tentang stabilitas keuanganmu.

    Baca selengkapnya
Lihat semua

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more

Pastikan untuk membeli Reksa Dana Manulife melalui MAMI atau mitra distribusi kami. 

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more

Pastikan untuk membeli Reksa Dana Manulife melalui MAMI atau mitra distribusi kami. 

View more