Skip to main content
Back

Bagaimana kinerja reksa dana Anda? Bandingkan dengan dengan tolok ukurnya

10 Desember, 2021

 

"Bagus jeleknya reksa dana saham, tinggal bandingkan dengan IHSG". Banyak investor pemula punya pendapat begini, sayangnya tak tepat.

Ada banyak indeks yang dijadikan patokan dalam pengelolaan reksa dana saham, tergantung strateginya. Indeks yang menjadi acuan reksa dana saham tertentu dapat memberi "bocoran" mengenai fokus dan potensi pertumbuhan reksa dana saham pilihan Anda.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Mencakup pergerakan seluruh saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Jumlahnya lebih dari 700 saham saat ini.

Indeks LQ45


Berisi 45 saham paling likuid di Bursa Efek Indonesia, memiliki nominasi dan frekuensi transaksi yang tinggi. Daftar 45 saham ini ditinjau setiap 6 bulan. Reksa dana yang mengadopsi indeks ini memiliki pertumbuhan lebih stabil. Di Reksa Dana Manulife, ada Manulife Dana Saham Kelas A yang bertolok ukur LQ45.

Indeks IDX80

Dihuni 80 saham di Bursa Efek Indonesia yang miliki likuiditas tinggi, kapitalisasi besar, serta fundamental yang baik.  Saham-saham dalam indeks ini akan ditinjau empat kali dalam setahun. Reksa dana yang mengusung Indeks IDX80 punya tingkat fluktuasi lebih dengan potensi imbal hasil sesuai. Manulife Saham Andalan adalah reksa dana yang menggunakan Indeks IDX80 sebagai acuan kinerjanya.

Indeks SMC Liquid

Mengukur kinerja harga saham dengan kapitalisasi menengah dan kecil, likuiditas dan kinerja fundamental baik. Ada 54 saham yang menghuni indeks ini. Reksa dana saham yang mengacu pada indeks ini umumnya bergerak lebih agresif. Jika Anda investor agresif, ada Reksa Dana Manulife Saham SMC Plus.

Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)

Berisi seluruh saham syariah yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Reksa dana yang menggunakan indeks ini tentunya dikelola sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Reksa Dana  Manulife Syariah Sektoral Amanah Kelas A adalah salah satu reksa dana saham dengan ISSI sebagai acuannya.

Kenapa kinerja reksa dana saham saya berbeda dari indeksnya?

Walaupun memilih sebuah indeks sebagai acuan, setiap manajer investasi memiliki kebijakan dan disiplin sendiri. Salah satunya dalam menyaring saham-saham yang dianggap pantas masuk ke dalam portofolio reksa dananya. Tak boleh sembarangan tentunya, demi optimalnya return dan terkendalinya risiko investasi Anda.

Lihat semua
Informasi libur

Menyambut Hari Raya Waisak 2568 BE, kantor kami tidak beroperasi pada 23-24 Mei 2024 dan akan kembali beroperasi pada 27 Mei 2024. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Informasi libur

Menyambut Hari Raya Waisak 2568 BE, kantor kami tidak beroperasi pada 23-24 Mei 2024 dan akan kembali beroperasi pada 27 Mei 2024. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Confirm