Skip to main content
Back

Pertumbuhan Ekonomi AS Q3-2021 Di Bawah Ekspektasi Pasar

29 Oktober, 2021

Global – Ekonomi Amerika Serikat tumbuh 2% QoQ annualized di Q3-2021, turun dari 6.7% di Q2 dan juga lebih rendah dari ekspaktasi 2.6%. Personal consumption hanya tumbuh 1.6% dibanding 12% di kuartal sebelumnya di tengah meningkatnya kasus COVID-19 dan kendala rantai pasokan. Pasar saham Amerika Serikat menguat didukung sentimen positif dari laporan keuangan emiten yang positif, mengesampingkan sentimen inflasi dan kendala rantai pasokan. Sementara itu setelah pasar tutup Apple dan Amazon merilis laporan keuangan yang di bawah ekspektasi pasar. Kedua perusahaan menyatakan kendala rantai pasokan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi. Indeks S&P 500 ditutup naik 0.98% dan imbal hasil UST 10Y naik dari 1.54% ke 1.58%.

Asia – Pasar saham kawasan Asia melemah di tengah kekahwatiran pertumbuhan ekonomi yang melemah dan inflasi yang meningkat. Mayoritas pasar mencatat pelemahan dengan indeks MSCI Asia Pacific melemah 0.39%.  

Indonesia – IHSG melemah 1.18% dengan sektor industrial dan energi mencatat pelemahan terdalam, sementara sektor teknologi mencatat kinerja terbaik. Investor asing mencatat penjualan bersih IDR505 miliar di pasar saham. Pasar obligasi juga ditutup turun 0.03% dengan imbal hasil obligasi pemerintah 10Y stabil di kisaran 6.03%.

*Menggunakan data penutupan 27 Oktober 2021

Catatan: Penulisan angka pada publikasi ini menggunakan format Bahasa Inggris. Sumber: Bloomberg.

 

Unduh Dokumen

  • IDB: BI menekankan fokus kebijakan menjaga stabilitas rupiah

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
  • IDB: The Fed indikasikan potensi kenaikan suku bunga lagi tahun ini

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
  • IDB: Kenaikan harga minyak dunia menekan sentimen pasar

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
Lihat semua
Confirm