Skip to main content
Back

Pasar Respon Positif Rencana Tapering The Fed

30 Agustus, 2021

Pekan Lalu

 

Pasar saham Amerika Serikat merespon positif pernyataan dari The Fed bahwa walau tapering dapat mulai dilakukan tahun ini, namun The Fed tidak akan langsung menaikkan suku bunga. Komentar ini mengindikasikan postur The Fed yang tetap akomodatif untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi. Pekan lalu pasar juga didukung sentimen positif vaksin Pfizer yang mendapatkan persetujuan penuh dari FDA. Langkah ini diharapkan dapat membantu meningkatkan vaksinasi di tengah lonjakan varian delta. Data ekonomi yang dirilis adalah PDB AS kuartal dua direvisi sedikit lebih tinggi menjadi 6.6% Annualized QoQ dari sebelumnya 6.5%, didorong investasi dan ekspor yang lebih kuat dari perkiraan. PCE naik ke 4.2% YoY di Juli dari sebelumnya 4.0%. Data keyakinan konsumen bulan Agustus tetap pada level 70.3. Indeks S&P 500 menguat 1.52% pekan lalu dan imbal hasil UST 10Y naik dari 1.25% ke 1.30%.

Pasar saham kawasan Asia mencatat penguatan pekan lalu dipimpin rebound pada pasar saham Hong Kong, Jepang dan Taiwan menyusul aksi jual tajam pekan sebelumnya. Saham teknologi China melanjutkan penguatannya didorong bargain hunting setelah valuasi saham teknologi China pada level sangat rendah dan pasar melihat risiko intensitas perubahan regulasi sudah memuncak. Sementara itu bank sentral Korea menaikkan suku bunga acuan sebesar 25bps menjadi 0.75% sesuai dengan ekspektasi. Bank sentral Korea menekankan stabilitas finansial di tengah meningkatnya harga properti dan tingkat utang. Secara keseluruhan indeks MSCI Asia Pacific mencatat penguatan 3.34% pekan lalu.

IHSG menguat terbatas 0.18% pekan lalu dengan investor asing mencatat pembelian bersih IDR962.7 miliar. Sektor teknologi mencatat penguatan tertinggi pekan lalu (+9.5%) sementara sektor infrastruktur mencatat pelemahan terdalam (-1.9%). Sementara itu pasar obligasi menguat 0.83% dengan imbal hasil obligasi pemerintah 10Y turun dari 6.37% ke 6.17%. 

 

 

Pekan Ini

 

Pekan ini pasar akan memperhatikan data ketenagakerjaan Amerika Serikat. Kondisi sektor tenaga kerja dapat menjadi barometer bagi The Fed untuk menentukan kapan melakukan tapering pertama kali. Data nonfarm payroll diperkirakan akan turun ke 750 ribu dari sebelumnya 943 ribu.  

 

Unduh Dokumen

 

  • IDB: Pemerintah berkomitmen menjaga disiplin fiskal

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
  • IWH: Outlook defisit fiskal AS melebar

    Investment Weekly Highlights

    Baca selengkapnya
  • IDB: Pelemahan sektor teknologi menekan kinerja pasar saham global

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
Lihat semua

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more

Pastikan untuk membeli Reksa Dana Manulife melalui MAMI atau mitra distribusi kami. 

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more

Pastikan untuk membeli Reksa Dana Manulife melalui MAMI atau mitra distribusi kami. 

View more