Skip to main content
Back

Optimisme pemilu mendorong pasar saham Indonesia

19 Februari, 2024

Rilis data inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan menyebabkan pelemahan pasar saham Amerika Serikat, di mana pelaku pasar melakukan penyesuaian laju penurunan suku bunga The Fed, selama sepekan S&P 500 turun 0.42% dan Nasdaq turun 1.34%. Inflasi di tingkat konsumen menunjukkan bahwa Core CPI dan Headline CPI (Jan) berada di atas perkiraan, masing-masing tumbuh 3.9% YoY dan 3.1% YoY. Sementara inflasi di tingkat produsen juga lebih tinggi dari perkiraan PPI (Jan) tumbuh 0.3% MoM dan 0.9% YoY. Kondisi ini mendorong kenaikan pada imbal hasil UST 10 tahun yang naik 10bps menjadi 4.27%. Data ekonomi lain yang dirilis adalah Retail Sales (Jan) mengalami kontraksi lebih dalam dari perkiraan sebesar -0.8% MoM dan University of Michigan Sentiment (Feb P) sedikit lebih rendah dibandingkan perkiraan sebesar 79.6. 


Didorong oleh kenaikan pasar saham Jepang dan Hong Kong, bursa saham MSCI Asia Pacific membukukan penguatan mingguan sebesar 2.08%. Penguatan saham-saham teknologi dan masuknya dana asing menjadi pendorong pada kinerja di pasar saham. Pasar saham China libur satu pekan merayakan Tahun Baru Imlek.


Didorong hasil pemilu yang disambut positif pasar, indeks IDX 80 mencatatkan penguatan mingguan sebesar 1.22% dan BINDO menguat 0.88%. Ekspektasi mengenai keberlanjutan kebijakan pemerintahan sebelumnya disambut positif oleh investor asing yang membukukan pembelian bersih mingguan senilai IDR7.67 triliun. Imbal hasil obligasi pemerintah IDR tenor 10 tahun naik menjadi 6.62%. Data ekonomi yang dirilis adalah Indeks Keyakinan Konsumen (Jan) naik menjadi 125.0 dari bulan sebelumnya 123.8 dan neraca perdagangan (Jan) mencatat surplus USD2.02 miliar, di mana ekspor mengalami kontraksi 8.06% YoY dan impor tumbuh 0.36% YoY. Surplus tersebut merupakan capaian selama 45 bulan berturut-turut ditopang oleh surplus komoditas nonmigas.

 

 

 

Unduh Dokumen

 

 

  • IDB: Deflasi AS memperkuat harapan pemangkasan suku bunga

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
  • IDB: Sektor teknologi menjadi pendorong pasar saham global

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
  • IDB: Pandangan Ketua The Fed Powell yang seimbang terhadap ekonomi

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
Lihat semua

 

 

Unduh Dokumen

 

 

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more

Pastikan untuk membeli Reksa Dana Manulife melalui MAMI atau mitra distribusi kami. 

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more

Pastikan untuk membeli Reksa Dana Manulife melalui MAMI atau mitra distribusi kami. 

View more