Skip to main content
Back

Lima prinsip investasi sepanjang masa

6 April 2024

Meskipun berinvestasi di masa yang penuh gejolak terkadang menjadi ujian kedisiplinan dan komitmen, ada beberapa prinsip yang dapat Anda masukkan ke dalam strategi investasi guna meringankan beban pikiran dan membuat Anda tetap fokus dalam jangka panjang.

 

 

Pertama, berpikir tentang diversifikasi

 

Jarang ada investasi yang mampu mengulang performa terbaiknya dari tahun ke tahun. Diversifikasi di berbagai ekonomi, bisnis, negara, dan kelas investasi populer dapat membantu mendistribusikan risiko, lebih konsisten, dan mengurangi potensi aset underperform yang berdampak pada portofolio Anda.

 

Perputaran kelas aset historis, 2013-2023

Total imbal hasil tahun kalender berdasarkan kelas aset (%)
 

Sumber: Manulife Investment Management, Bloomberg, per 31 Desember 2023. Total imbal hasil ditampilkan dalam mata uang lokal atau dalam USD untuk indeks multimarket. 

 

Kedua, bersikaplah rasional, bukan emosional

Di saat pasar sedang bagus, investor sangat bersemangat, mereka ingin berinvestasi lebih banyak dan sering kali "beli saat harga tinggi".

 

Saat pasar berbalik negatif, investor menjadi takut dan memutuskan untuk mengurangi kerugian mereka dan "jual saat harga rendah."

 

Tetaplah disiplin dan berkomitmen pada rencana investasi jangka panjang Anda untuk menghindari naik "roller coaster" emosional.

 

Roller coaster emosional seorang investor

 

Sumber: Hays Advisory. Grafik ini adalah sebuah contoh dan tidak mewakili kinerja investasi yang sebenarnya. Hal ini tidak dimaksudkan sebagai saran investasi. Hanya untuk tujuan ilustrasi.

 

Ketiga, hari yang terlewatkan berarti peluang yang terlewatkan

Perbedaan antara keberhasilan dan kekecewaan dalam investasi dapat terjadi pada beberapa hari setelah Anda masuk atau keluar dari pasar.

 

Dengan tetap berinvestasi penuh dan tidak melewatkan 20 hari investasi terbaik selama 20 tahun terakhir, investor akan memiliki lebih dari dua kali lipat investasi mereka.

 

Pertumbuhan sebesar $10.000 dalam Indeks Pengembalian Total Komposit S&P/TSX dari tahun 2013-2023

 

Sumber: Manulife Investment Management, Bloomberg, per 31 Desember 2023. Hanya untuk tujuan ilustrasi. Indeks tidak dikelola dan tidak dapat dibeli secara langsung oleh investor. Kinerja masa lalu tidak menjamin hasil kinerja masa depan.

 

Keempat, mengukur kinerja dari waktu ke waktu, bukan dalam semalam

Terimalah kenyataan bahwa pasar selalu akan naik dan turun, tetapi seiring waktu pasar selalu bergerak lebih tinggi.

 

Mengambil perspektif jangka panjang dapat membantu Anda tetap berada di jalur yang benar ketika pasar bergerak dari krisis ke peluang dan kembali lagi.

 

Meskipun terjadi pelemahan, Indeks Pengembalian Total Komposit S&P/TSX menunjukkan pertumbuhan dalam jangka panjang

Pertumbuhan sebesar $10.000

 

Sumber: Manulife Investment Management, Bloomberg, per 31 Desember 2023. Hanya untuk tujuan ilustrasi. Lingkaran merah menunjukkan periode penurunan pasar. Indeks ini tidak dikelola dan tidak dapat dibeli secara langsung oleh investor. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja masa depan.

 

Kelima, ubah volatilitas pasar untuk keuntungan Anda

Dengan menginvestasikan uang dalam jumlah yang tetap secara berkala, strategi dollar cost averaging dapat membantu Anda membeli lebih banyak unit investasi dengan harga lebih rendah dan lebih sedikit dengan harga lebih tinggi.

 

Hal ini membantu mengurangi kekhawatiran Anda untuk melakukan investasi sekaligus pada waktu yang tidak tepat.

 

Perbandingan 12 bulan

Investasi sekaligus sebesar $12.000 vs. investasi bulanan sebesar $1.000 dengan menggunakan dollar cost averaging

 

Hanya untuk tujuan ilustrasi.

 

Temukan bagaimana prinsip-prinsip investasi yang tak lekang oleh waktu dapat membantu Anda mengelola risiko dalam segala kondisi pasar dan meningkatkan hasil investasi Anda.

 

Hubungi penasihat investasi Anda.

 

 


 

 

Tentang PT Manulife Aset Manajemen Indonesia


PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (“MAMI”) adalah manajer investasi dengan total dana kelolaan terbesar di Indonesia, yaitu Rp101,6 triliun (Desember 2023) dengan pangsa pasar 12,4% (September 2023) di antara >90 perusahaan manajer investasi. MAMI telah hadir dan mendampingi langkah dari lebih dari 2 juta investor individu dan institusi (per akhir Desember 2023) selama 27 tahun sejak 1996. MAMI adalah bagian dari Manulife Investment Management dan Manulife Financial Corporation yang berkantor pusat di Toronto, Kanada.

  • IDB: Sentimen pasar positif menjelang rilis pendapatan Nvidia

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
  • Seeking Alpha Mei 2024: Pasar obligasi setelah kenaikan BI Rate dan ‘Higher for longer’ The Fed

    Seeking Alpha

    Baca selengkapnya
  • IWH: Moderasi inflasi AS mengangkat sentimen pasar global

    Investment Weekly Highlights

    Baca selengkapnya
Lihat semua
Informasi libur

Menyambut Hari Raya Waisak 2568 BE, kantor kami tidak beroperasi pada 23-24 Mei 2024 dan akan kembali beroperasi pada 27 Mei 2024. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Informasi libur

Menyambut Hari Raya Waisak 2568 BE, kantor kami tidak beroperasi pada 23-24 Mei 2024 dan akan kembali beroperasi pada 27 Mei 2024. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Confirm