Skip to main content
Back

Keyakinan Konsumen Pada Level Terendah Sejak 2005

9 September, 2021

Global – Pasar saham Amerika Serikat kembali melemah di tengah pasar yang meninjau kembali outlook ekonomi setelah pasar saham terus mencetak rekor tertinggi. Indeks S&P 500 ditutup turun 0.13% dengan sektor energi dan material mencatat pelemahan terdalam, sementara sektor utilities menguat. Imbal hasil UST 10Y turun dari 1.37% ke 1.33%. 

Asia – Pasar saham kawasan Asia melemah, mengakhiri rally 8 hari berturut-turut. Indeks MSCI Asia Pacific ditutup turun 0.27%, di mana  pasar Singapura, Taiwan dan Korea Selatan menjadi pemberat pergerakan indeks, sementara pasar Jepang melanjutkan tren penguatannya. 

Indonesia – Indeks keyakinan konsumen turun ke 77.3 di Agustus yang merupakan level terendah sejak 2005. Kekhawatiran terkait pekerjaan dan tingkat penghasilan di tengah restriksi mobilitas dan kondisi pandemi merupakan faktor pesimisme bagi konsumen. IHSG ditutup turun 1.41% dengan investor asing mencatat penjualan bersih IDR545 miliar. Pasar obligasi juga turun 0.07% dengan imbal hasil obligasi pemerintah 10Y naik dari 6.11% ke 6.16%.

 

*Menggunakan data penutupan 7 September 2021

Catatan: Penulisan angka pada publikasi ini menggunakan format Bahasa Inggris. Sumber: Bloomberg.

 

Unduh Dokumen

 

  • Investment note: Tensi geopolitik Timur Tengah terkini

    Baca selengkapnya
  • IDB: Eskalasi konflik geopolitik & data ekonomi AS yang kuat membayangi pasar finansial global

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
  • IDB: Kekhawatiran suku bunga & konflik geopolitik membayangi pasar saham global

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
Lihat semua
Confirm