Skip to main content
Back

Fed Umumkan Pengurangan Stimulus

4 November, 2021

Global – Indeks utama pasar saham Amerika Serikat kembali memecahkan rekor penutupan tertinggi setelah Federal Reserve menyatakan bahwa bank sentral akan bersabar untuk menaikkan suku bunga, S&P 500 naik 0.65%, Dow Jones naik 0.29% sementara Nasdaq naik 1.04%. Keputusan Fed untuk mengurangi laju pembelian obligasi sebesar USD15 miliar per bulan dan berakhir di 2022 sudah sesuai dengan ekspektasi pasar. Fed kembali menyatakan bahwa lonjakan inflasi bersifat sementara karena disebabkan oleh ketidakseimbangan antara pasokan dan permintaan terkait pandemi dan paska pembukaan kembali ekonomi. Komunikasi yang baik dari bank sentral AS menghindari terjadinya taper tantrum 2.0. Data dari ADP menunjukkan bahwa AS menambahkan pekerjaan terbanyak dalam empat bulan dan lebih tinggi dibandingkan ekspektasi pasar, ADP Employment (Oct) bertambah 571ribu pekerjaan baru. ISM Services Index (Oct) tumbuh lebih tinggi dibandingkan ekspektasi dan bulan sebelumnya sebesar 66.7. Imbal hasil UST 10 tahun naik ke level 1.60%. 

Asia – Pasar saham Asia melemah di hari kedua, MSCI Asia Pacific turun 0.11% menjelang pengumuman hasil rapat Fed. Caixin China PMI Services (Oct) lebih tinggi dibandingkan ekspektasi dan bulan sebelumnya sebesar 53.8. 

Indonesia – IHSG rebound 0.91% di mana investor asing membukukan pembelian bersih senilai IDR158.87 miliar. Imbal hasil obligasi pemerintah IDR tenor 10 tahun turun ke level 6.07%.

*Menggunakan data penutupan tanggal 2 November 2021

Catatan: Penulisan angka pada publikasi ini menggunakan format Bahasa Inggris. Sumber: Bloomberg.

 

Unduh Dokumen

  • Investment note: Tensi geopolitik Timur Tengah terkini

    Baca selengkapnya
  • IDB: Eskalasi konflik geopolitik & data ekonomi AS yang kuat membayangi pasar finansial global

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
  • IDB: Kekhawatiran suku bunga & konflik geopolitik membayangi pasar saham global

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
Lihat semua
Confirm