Skip to main content
Back

Aktivitas Manufaktur Indonesia Kembali ke Zona Ekspansif

1 Oktober, 2021

Global – Pasar saham Amerika Serikat melemah di tengah kekhawatiran dampak dari disrupsi rantai pasokan. Sementara itu Kongres AS mencapai kesepakatan anggaran sementara untuk menghindari government shutdown. Namun Kongres masih harus mencapai kesepakatan terkait debt ceiling yang diperkirakan akan mencapai batasnya di pertengahan Oktober. Indeks S&P 500 ditutup turun 1.19% dan imbal hasil UST 10Y turun dari 1.51% ke 1.48%. Data ekonomi AS yang dirilis adalah klaim pengangguran yang naik ke 362 ribu dari sebelumnya 351 ribu, dan pertumbuhan PDB Q2 yang direvisi naik menjadi 6.7% dari sebelumnya 6.6%.

Asia – Pasar saham kawasan Asia bergerak fluktuatif di mana pasar Shanghai, Korea Selatan, dan Taiwan ditutup naik, sementara pasar Jepang dan Hong Kong melemah. Pasar mencermati dampak dari disrupsi rantai pasokan global dan perubahan regulasi di China. Indeks MSCI Asia Pacific ditutup naik 0.26%. Data ekonomi yang dirilis adalah China Caixin PMI manufaktur yang naik ke level 50.0 di September dari sebelumnya 49.2.

Indonesia – Data PMI manufaktur naik ke level 52.2 di September dari sebelumnya 43.7 yang mengindikasikan perbaikan aktivitas manufaktur seiring dengan pelonggaran PPKM. IHSG menguat 2.02%, sementara pasar obligasi turun 0.05%. Imbal hasil obligasi pemerintah 10Y naik dari 6.24% ke 6.26%.

 

*Menggunakan data penutupan 29 September 2021

Catatan: Penulisan angka pada publikasi ini menggunakan format Bahasa Inggris. Sumber: Bloomberg.

 

Unduh Dokumen

  • IDB: Sentimen global dibayangi pergeseran ekspektasi pemangkasan suku bunga

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
  • Seeking Alpha April 2024: Memahami dinamika & volatilitas pasar terkini

    Seeking Alpha

    Baca selengkapnya
  • IDB: Sentimen global masih mendominasi pasar finansial domestik

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
Lihat semua

Pastikan untuk membeli Reksa Dana Manulife melalui MAMI atau mitra distribusi kami. Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more

Pastikan untuk membeli Reksa Dana Manulife melalui MAMI atau mitra distribusi kami. Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Confirm