Skip to main content
Back


Tujuh pertanyaan mengenai dividen

17 Mei, 2023

 

Dividen dapat menjadi sumber return yang signifikan bagi para investor ekuitas. Apa sebenarnya dividen itu? Apakah sebuah keputusan yang baik untuk berinvestasi pada perusahaan yang memberikan dividen? Dan bagaimana dividen dapat dimasukkan di dalam konstruksi portofolio? Kami akan membahas dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

1) Apa itu dividen?

 

Dividen adalah pembayaran yang dilakukan sebuah perusahaan publik (perusahaan yang sahamnya diperdagangkan di bursa saham) kepada para pemilik (pemegang sahamnya). Dividen adalah sebuah cara bagi perusahaan untuk mengembalikan sebagian keuntungan yang diperolehnya kepada para pemilik perusahaan tersebut. Anda dapat memperoleh dividen secara langsung bila Anda memiliki saham dari sebuah perusahaan publik, atau secara tidak langsung (dalam bentuk distribusi dividen) bila Anda memiliki reksa dana, exchange-traded fund (ETF), maupun wadah penghimpunan dana lainnya yang memiliki ekuitas di dalamnya.

Berapa kali dalam setahunkah pembagian dividen dilakukan?

Setiap perusahaan menentukan sendiri seberapa sering mereka akan membagikan dividen (bila memang ada laba yang dapat dibagikan dalam bentuk dividen), yang dijelaskan di dalam kebijakan dividen mereka. Lebih dari dua pertiga perusahaan di Asia membagikan dividen secara reguler , di mana banyak di antaranya melakukan pembagian dividen dalam periode tahunan. Hanya sebagian kecil dari perusahaan-perusahaan tersebut yang mau membagikan dividen secara lebih sering, seperti dalam periode setengah tahunan (10%) atau periode triwulanan (3%). Perlu dicatat bahwa lebih dari 20% di antara perusahaan-perusahaan tersebut tidak memiliki rencana pembagian dividen yang reguler.

Sebagai tambahan dari pembagian dividen yang telah dijadwalkan secara reguler, perusahaan dapat pula melakukan pembagian dividen khusus untuk event tertentu, seperti misalnya saat memperoleh laba besar dari penjualan aset, atau saat memperingati hari jadi perusahaan.

Dewan Direksi dari masing-masing perusahaanlah yang memiliki wewenang untuk menentukan kebijakan dividen perusahaan.

 

Frekuensi distribusi dividen di antara perusahaan-perusahaan di Asia1

 

 

2) Perusahaan seperti apa yang membagikan dividen?
 

Karena pembagian dividen bukanlah sebuah kewajiban, maka tidak semua perusahaan publik melakukan pembagian dividen. Pada umumnya, perusahaan akan lebih dulu melihat kondisi finansial mereka, seperti profitabilitas, kesehatan neraca keuangan, serta kebutuhan akan pendanaan di masa depan, sebelum memutuskan apakah mereka akan membagikan dividen atau tidak serta berapa besarannya. Perusahaan memiliki kemungkinan lebih besar untuk memberikan dividen yang lebih tinggi di saat bisnis mereka bertumbuh dengan stabil, ketika perusahaan menjadi lebih profitabel, dan/atau lebih sedikit melakukan belanja modal, namun hal-hal tersebut bukanlah aturan yang baku. Kenyataannya, ada juga perusahaan besar yang profitabel yang tidak melakukan pembagian dividen.

Sektor mana yang memberikan dividen paling besar?
 

Kebijakan dividen juga cenderung berbeda untuk masing-masing sektor. Di Asia, perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor industri dan real estate adalah yang saat ini memberikan yield dividen yang paling tinggi, yaitu 4,70% untuk sektor energi dan 4,46% di sektor real estate, sementara sektor kesehatan (0,84%) dan sektor consumer discretionary (1,08%) adalah yang paling kecil .

 

Dividen bervariasi untuk masing-masing sektor

 

3) Apa itu yield dividen?
 

Kebijakan dividen setiap perusahaan adalah merupakan informasi publik dan biasanya dapat ditemukan baik di dalam situs web mereka, di dalam lembaran peraturan mereka, maupun di dalam situs-situs web publikasi keuangan besar. Meskipun Anda dapat dengan mudah menemukan berapa yang dibayarkan perusahaan (ataupun reksa dana) untuk setiap sahamnya, perlu juga untuk dapat menghitung yield dividen (besaran dividen sebagai persentase dari harga saham).

Yield
dividen menunjukkan berapa pendapatan yang dapat Anda peroleh dari perusahaan untuk setiap rupiah yang Anda investasikan di perusahaan tersebut (dengan asumsi bahwa kebijakan dividen tidak berubah serta pembagian dividen dilakukan). Sederhananya, yield dividen adalah dividen tahunan per saham dibagi dengan harga per saham (atau nilai aset bersih reksa dana).

 

Dividen per saham vs yield dividen

 

 

4) Apa bedanya pembagian dividen dengan pembayaran bunga dalam obligasi?
 

Ada beberapa perbedaan penting di antara tipe-tipe pendapatan yang dapat Anda peroleh saat Anda berinvestasi pada sebuah perusahaan. Dividen hanya diberikan kepada para pemilik (pemegang saham) perusahaan. Sementara itu, pembayaran bunga dilakukan kepada para kreditor perusahaan – yaitu mereka yang memegang obligasi perusahaan tersebut. Selain itu, seperti telah disebutkan di atas, pembagian dividen bukanlah suatu kewajiban, sementara  pembayaran bunga obligasi (kecuali untuk obligasi tanpa kupon) bersifat kontraktual, dan apabila tidak dibayarkan, maka perusahaan tersebut dapat dianggap gagal bayar atau default.

Di beberapa market, pemilik obligasi maupun saham berkewajiban untuk membayar pajak atas pendapatan dari dividen/bunga obligasi mereka. Ini artinya tidak keseluruhan dari pendapatan distribusi yang dibagikan oleh perusahaan/emiten obligasi akan masuk ke kantong investor.  Tarif pajak dividen dan bunga obligasi juga dapat bervariasi.

 

5) Apa keuntungan dari dividen?
 

Dari waktu ke waktu, dividen telah berkontribusi secara signifikan terhadap total return yang diperoleh para investor (return dari apresiasi modal maupun dividen). Seiring dengan waktu, terutama berkat kekuatan compunding, dividen dapat menjadi komponen utama dari return portofolio. Sebagai contoh, dalam 20 tahun terakhir, return harga kumulatif dari MSCI Asia ex Jepang adalah 275% (pada akhir April 2023). Angka ini setara dengan Compound Annual Growth Rate (CAGR) sebesar 6,83%.  Tetapi dengan memperhitungkan dividen yang diinvestasikan kembali selama periode investasi yang sama, return total akan menjadi 533%, dengan CAGR sebesar 9,67%. 
 

Return harga kumulatif vs total return investasi dalam indeks MSCI Asia ex Japan


 

Sumber: Bloomberg, per 30 April 2023. Nilai indeks di-rebase menjadi 100 per 30 April 2003. Return didasarkan pada indeks return harga dan return total dalam USD MSCI Asia ex-Jepang. Tidak dimungkinkan untuk berinvestasi langsung pada indeks.

 

Investor dapat pula memilih untuk menginvestasikan kembali dividen yang diperoleh ke dalam pasar untuk memperoleh keuntungan dari kekuatan compounding. Saat melakukan hal tersebut, dividen yang Anda peroleh Anda pergunakan untuk membeli tambahan saham dari perusahaan tersebut, di mana hal ini berpotensi meningkatkan nominal dividen yang Anda peroleh pada tanggal pembagian dividen berikutnya, sehingga Anda dapat membeli lebih banyak lagi saham, dan begitu seterusnya. 
 

6) Mengapa dividen dapat menjadi sumber pendapatan utama?
 

Dividen dapat pula menjadi sumber pendapatan yang dapat diandalkan di saat terjadinya market downturn, melemahnya perekonomian, maupun di kala tingginya inflasi. Perusahaan-perusahaan biasanya akan ragu untuk menurunkan maupun membatalkan dividen mereka, bahkan di dalam kondisi perekonomian yang berat sekalipun. Hal ini karena pasar cenderung akan memberikan hukuman kepada perusahaan-perusahaan yang menurunkan atau membatalkan dividen mereka tanpa adanya penjelasan maupun rencana untuk mengembalikan dividen mereka kepada kondisi semula – dibutuhkan waktu bertahun-tahun bagi perusahaan untuk memperoleh kembali kepercayaan investor sebagai pemberi dividen yang solid.

Dividen dapat pula membantu menghadapi inflasi karena dengan mendapatkan dividen dalam bentuk tunai berarti Anda tidak perlu menjual saham yang Anda miliki untuk mendapatkan dana tunai. Lebih jauh lagi, sebagai respons terhadap tingginya inflasi, perusahaan dapat menaikkan harga produk mereka, yang pada gilirannya dapat memberikan profit yang lebih besar yang nantinya akan dikembalikan kepada investor dalam bentuk dividen.
 

7) Apakah berinvestasi pada perusahaan-perusahaan yang memberikan dividen adalah investasi yang bagus?
 

Dengan kemampuan untuk menambahkan return total sebagaimana telah tercatat secara historis, serta potensi mereka untuk memberikan pendapatan di dalam kondisi ekonomi yang sulit, perusahaan-perusahaan yang memberikan dividen dapat menjadi tambahan yang bagus di dalam portofolio Anda. Namun tidak semua perusahaan pemberi dividen diciptakan setara, dan beberapa mungkin akan lebih cocok untuk tipe investor tertentu, sehingga karenanya security selection menjadi sesuatu yang sangat penting.

Lebih jauh lagi, kebijakan dividen sebuah perusahaan hanyalah satu dari sekian banyak elemen yang harus dipertimbangkan dalam mengevaluasi cocok tidaknya sebuah saham untuk Anda masukkan ke dalam portofolio Anda. Sebagaimana investasi pada umumnya, dividen harus dilihat dalam kerangka strategi konstruksi portofolio yang lebih luas serta harus menjadi bagian dari portofolio yang terdiversifikasi.

 


 

1 Sumber: Bloomberg, per 25 Mei 2023. Informasi frekuensi distribusi dividen didasarkan pada konstituen dari indeks ekuitas utama Asia berikut: Hong Kong Hang Seng Index, China Shanghai Shenzhen CSI 300 Index, Taiwan Stock Exchange Weighted Index, Korea Stock Exchange KOSPI Indeks, Indeks S&P BSE SENSEX India, Indeks Singapore Straits Times, Indeks FTSE Bursa Malaysia KLCI, Stock Exchange of Thailand SET Index, Indeks Komposit Bursa Efek Indonesia Jakarta, dan Stock Exchange PSEi Index. Pembagian dividen, frekuensi pembagian dan jumlah/tarif dividen tidak dijamin. Yield distribusi positif tidak berarti return positif. Tidak dimungkinkan untuk berinvestasi langsung pada indeks.


2 Sumber: Bloomberg, data per 4 Mei 2023. Materi di atas hanya untuk keperluan ilustrasi. Pembagian dividen, frekuensi pembagian dan jumlah/tarif dividen tidak dijamin. Yield distribusi positif tidak berarti return positif. Tidak dimungkinkan untuk berinvestasi langsung pada indeks.

  • IDB: Sentimen pasar positif menjelang rilis pendapatan Nvidia

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
  • Seeking Alpha Mei 2024: Pasar obligasi setelah kenaikan BI Rate dan ‘Higher for longer’ The Fed

    Seeking Alpha

    Baca selengkapnya
  • IWH: Moderasi inflasi AS mengangkat sentimen pasar global

    Investment Weekly Highlights

    Baca selengkapnya
Lihat semua
Informasi libur

Menyambut Hari Raya Waisak 2568 BE, kantor kami tidak beroperasi pada 23-24 Mei 2024 dan akan kembali beroperasi pada 27 Mei 2024. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Informasi libur

Menyambut Hari Raya Waisak 2568 BE, kantor kami tidak beroperasi pada 23-24 Mei 2024 dan akan kembali beroperasi pada 27 Mei 2024. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Confirm