Skip to main content
Back

PPKM Diperpanjang Dengan Adanya Relaksasi Lebih

31 Agustus, 2021

Global – Pasar saham Amerika Serikat melanjutkan penguatan didukung pernyataan dari The Fed akhir pekan lalu yang mengindikasikan suku bunga akan tetap akomodatif walau terjadi pengurangan stimulus (tapering). Indeks S&P 500 menguat 0.43% dengan sektor real estat dan IT mencatat penguatan tertinggi. Imbal hasil UST 10Y turun dari 1.30% ke 1.28%. 

Asia – Pasar saham kawasan Asia bergerak positif didukung postur kebijakan The Fed yang tetap akomodatif. Membaiknya tingkat COVID-19 di beberapa negara seperti Indonesia dan Thailand juga membawa angin positif bagi pasar. Indeks MSCI Asia Pacific ditutup menguat 0.96% melanjutkan tren penguatan dari pekan lalu. Data ekonomi yang dirilis adalah PMI manufaktur China bulan Agustus yang turun ke 50.1 dari sebelumnya 50.4, dan PMI non-manufaktur yang turun ke 47.5 dari sebelumnya 53.3.

Indonesia – Pemerintah kembali memperpanjang PPKM hingga 6 September, dengan beberapa kabupaten/kota mendapat relaksasi menjadi level 2 karena perbaikan kondisi. Di Jakarta, PPKM tetap pada level 3 namun terdapat relaksasi jam operasional mal dan kapasitas pengunjung restoran. IHSG menguat 1.71% dengan investor asing mencatat pembelian bersih IDR567 miliar. Pasar obligasi juga menguat 0.16% dengan imbal hasil obligasi pemerintah 10Y turun dari 6.17% ke 6.11%.

 

*Menggunakan data penutupan 27 Agustus 2021

Catatan: Penulisan angka pada publikasi ini menggunakan format Bahasa Inggris. Sumber: Bloomberg.

 

Unduh Dokumen

 

  • IDB: Sentimen global dibayangi pergeseran ekspektasi pemangkasan suku bunga

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
  • Seeking Alpha April 2024: Memahami dinamika & volatilitas pasar terkini

    Seeking Alpha

    Baca selengkapnya
  • IDB: Sentimen global masih mendominasi pasar finansial domestik

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
Lihat semua

Pastikan untuk membeli Reksa Dana Manulife melalui MAMI atau mitra distribusi kami. Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more

Pastikan untuk membeli Reksa Dana Manulife melalui MAMI atau mitra distribusi kami. Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Confirm