Skip to main content
Back

Kata Ibu: Manajemen amplop kuncinya

30 September, 2021

Pengalaman memberikan banyak pelajaran berharga yang bisa kita jadikan “guru” agar kita bisa lebih baik lagi ke depannya. Orang tua kita di masa lalu sebenarnya telah mengajarkan kepada kita pelajaran dasar yang cukup penting bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik sehingga pendapatan yang diterima bisa dimaksimalkan untuk memenuhi beragam kebutuhan mulai dari belanja rutin, biaya sekolah, hingga uang simpanan untuk hari tua. Dulu Ibu sebagai “menteri keuangan” dalam keluarga sering memisah-misahkan pendapatan ke dalam banyak amplop, supaya tak tercampur-baur. Dengan begitu sedari awal Ibu sudah bisa memperhitungkan berapa sisa pendapatan setelah dikurangi pengeluaran untuk menjaga kondisi keuangan tetap sehat.

Turuti cara Ibu. Sekarang kita bisa menggunakan investasi untuk memisah-misahkan anggaran untuk setiap tujuan supaya optimal mengejarnya. Setiap tujuan hidup bisa dijelaskna dengan “apa”, “berapa”, dan “kapan”. Dengan begitu, kita dapat menentukan produk investasi mana yang sesuai untuk setiap tujuan hidup kita. Jangan disatukan bingung nanti.

 

3 taktik atur amplop

  • Tentukan apa, berapa, dan kapannya

Sebelum memilih jenis investasi yang tepat, penting bagi kita untuk menentukan tujuan yang ingin kita wujudkan dengan investasi tersebut agar kita memiliki komitmen dan disiplin dalam berinvestasi nantinya. Selanjutnya, kita perhitungkan berapa besar biaya yang ideal untuk tujuan tersebut agar kita tahu berapa banyak kita harus menyisihkan. Yang terakhir adalah kapan tujuan tersebut harus dicapai, 1 tahun, 2 tahun atau 10 tahun mendatang, supaya pilihan jenis investasinya serasi dengan tujuan yang ingin kita wujudkan.


  • Pilih reksa dananya
  • Setelah mengatur taktik pertama, di taktik kedua kita perlu memilih jenis investasi yang sesuai. Tidak seperti Ibu kita dulu, saat ini kita dimudahkan dengan banyaknya pilihan jenis investasi, dengan begitu kita bisa lebih leluasa untuk mengatur “amplop” untuk setiap tujuan kita.

    Nah, salah satu alternatif investasi untuk kita jadikan “amplop” untuk menyimpan uang yang akan kita gunakan untuk mewujudkan tujuan kita ke depan adalah reksa dana. Reksa dana merupakan bentuk investasi yang mengumpulkan dana masyarakat untuk dikelola oleh manajer investasi dengan diinvestasikan pada instrumen saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.

    Berinvestasi di reksa dana memberikan kita banyak keunggulan, pengelolaan investasinya yang mudah dan simpel, bisa dicairkan kapan saja, modal investasi yang terjangkau, dan kebebasan untuk memiliki banyak produk reksa dana sesuai kebutuhan, dengan begitu “amplop-amplop” untuk banyak tujuan kita tak akan tercampur.

     

  • Konsisten dan disiplin berinvestasi
  • Taktik pamungkas ini merupakan kunci keberhasilan dari dua taktik yang sudah kita atur di atas sama seperti Ibu kita yang tak bosan menerapkan strategi atur amplop secara konsisten dan disiplin dalam mengatur keuangannya. Saat ini sudah banyak fitur yang dapat membantu kita agar konsisten dan displin dalam berinvestasi salah satunya fitur Aturinvest di klikMAMI.com.

     

Dengan sedikit modifikasi dan penyesuaian, strategi atur amplop yang super simpel seperti yang diajarkan Ibu kita jadi lebih mudah. Kita bisa fokus pada setiap tujuan yang sudah direncanakan. Selamat mencoba!

Lihat semua
Confirm