Skip to main content
Back

Dana darurat, penting?

12 Juli, 2021

 

Biaya kuliah anak-anak kita, uang pensiun kita, hingga bujet liburan, mungkin jadi tujuan prioritas bagi banyak orang. Namun sayangnya banyak dari kita tak pernah mempersiapkan investasi yang khusus dirancang untuk dana darurat. Mengapa dana darurat penting?

Dana darurat

Kita tak dapat memprediksi apa yang akan terjadi esok, ada-ada saja yang terjadi tiba-tiba, di luar perkiraan, dan butuh solusi segera. Di saat seperti inilah dana darurat diperlukan. Dengan dana darurat yang selalu kita siapkan, maka tujuan-tujuan lain yang sudah kita rencanakan jadi tak terganggu .

Berapa jumlahnya

Idealnya 6-12 kali pengeluaran. Jumlah ini diperkirakan cukup untuk menyokong hidup kita selama beberapa bulan jika sesuatu yang tidak diinginkan kita alami.

Simpan di mana?

Pilihannya banyak, namun pertimbangkan beberapa hal seperti akses yang mudah, punya likuiditas tinggi supaya bisa dicairkan kapan saja, tak banyak berfluktuasi, namun tetap memiliki potensi pertumbuhan di atas angka inflasi.

Di reksa dana, kita bisa memilih reksa dana pasar uang untuk menyimpan dana darurat. Reksa dana pasar uang memiliki karakteristik seperti di atas sehingga sangat ideal untuk menyimpan sekaligus menjaga dan membantunya bertumbuh namun minim fluktuasi.

Lihat semua
Confirm