Skip to main content
Back

Kondisi kemelut sektor perbankan di Amerika Serikat

15 Maret, 2023

 

Apa yang terjadi? 

 

Tanggal 9 Maret kemarin, sektor perbankan Amerika Serikat mengalami tekanan jual yang signifikan dipicu oleh dua institusi: 

  • Silicon Valley Bank (SIVB)
    SIVB gagal menghimpun dana sebesar USD2.25 miliar untuk menggantikan dana masyarakat yang keluar dari bank yang berfokus pada ‘ekonomi inovasi’ ini. Hilangnya kepercayaan investor dan nasabah membuat harga saham SIVB terkoreksi tajam. Tak berapa lama kemudian, FDIC (Federal Deposit & Insurance Corporation) menutup SIVB dan mengeluarkan pernyataan bahwa deposan akan memperoleh perlindungan. 

  • Silvergate Bank (SI)
    SI adalah bank utama dari bursa kripto FTX, mencapai 10% dari total deposan SI. Penurunan iklim bisnis kripto membuat SI kehilangan cukup besar basis deposan. Sikap regulator yang juga sedang mengawasi ketat sektor perbankan yang banyak terekspos pada bisnis kripto membuat SI semakin ditinggalkan deposannya, membuat bank ini akhirnya memutuskan untuk melakukan likuidasi sukarela.

 

Dapat dilihat, kedua bank di atas memiliki segmen pasar yang sangat spesifik, yang akhir-akhir ini memang sedang dalam tekanan.

Perkembangan terakhir tanggal 12 Maret, departemen keuangan, bank sentral, dan FDIC mengeluarkan pernyataan bersama mengenai perlindungan nasabah. Departemen keuangan menyatakan nasabah simpanan dan deposan dapat menarik dananya mulai tanggal 13 Maret, sementara bank sentral menyatakan akan memfasilitasi pinjaman jangka waktu 1 tahun untuk institusi-institusi yang terdampak oleh penutupan bank tersebut.

Apakah Manulife Investment Management memiliki alokasi investasi di bank-bank tersebut?

Saat ini Manulife Investment Management tidak memiliki eksposur pada bank-bank tersebut. 


Implikasi pasar & makroekonomi

  • Pemerintah Amerika Serikat bersama pemangku kebijakan lain terlihat sigap berupaya untuk mencegah potensi krisis perbankan lebih lanjut.
  • Sentimen atas potensi kenaikan Fed Funds Rate berubah signifikan. Sebelumnya ekspektasi pasar atas kenaikan 25bps atau 50bps tanggal 22 Maret perbandingannya adalah seimbang (50:50), saat ini mayoritas ekspektasi adalah 25bps, dan tingkat suku bunga tertinggi (terminal rate) turun 40bps dari ekspektasi terminal rate sebelumnya.

 

Pandangan kami

  • Kami tidak melihat kejadian ini sebagai tantangan sistemik bagi sistem perbankan, namun pasti memberikan dampak kepercayaan dan ketersediaan kredit. 
  • Risiko resesi Amerika Serikat masih tetap ada, dan jika krisis seperti yang terjadi pada SIVB menyebar pada pasar finansial keseluruhan, potensi resesi akan membesar. 
  • Ekspektasi pasar saat ini semakin sejalan dengan pandangan kami, bahwa Fed Funds Rate akan mencapai puncak di kisaran 5.25% (berubah dari ekspektasi sebelumnya 5.75%), dan penurunan suku bunga dapat saja dimulai sejak akhirtahun ini juga. 
  • Secara historis median jangka waktu antara kenaikan Fed Funds Rate terakhir sampai penurunan pertama adalah 8 bulan.
  • IDB: Pemerintah berkomitmen menjaga disiplin fiskal

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
  • IWH: Outlook defisit fiskal AS melebar

    Investment Weekly Highlights

    Baca selengkapnya
  • IDB: Pelemahan sektor teknologi menekan kinerja pasar saham global

    Investment Daily Bread

    Baca selengkapnya
Lihat semua

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more

Pastikan untuk membeli Reksa Dana Manulife melalui MAMI atau mitra distribusi kami. 

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more

Pastikan untuk membeli Reksa Dana Manulife melalui MAMI atau mitra distribusi kami. 

View more