Skip to main content
Back

Kebijakan privasi

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (“MAMI”) mengumpulkan data pribadi dari nasabah dan calon nasabah ("Anda”) untuk memenuhi tanggung jawab selaku penyedia jasa keuangan. Sehingga dengan demikian, kami dapat memberikan layanan nasabah dan mengelola investasi Anda melalui berbagai produk yang kami tawarkan.

Kami memahami bahwa privasi dan penggunaan informasi pribadi Anda merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, kami telah menetapkan ketentuan tentang cara pemrosesan data pribadi Anda, hak-hak apa yang Anda miliki, dan layanan informasi jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai Kebijakan Privasi yang kami terapkan.

Data pribadi adalah informasi tentang Anda, seperti nama, tanggal lahir, detail kontak dan rekening bank Anda. Kami mengumpulkan data pribadi Anda untuk memberikan layanan nasabah dan menyediakan produk yang Anda perlukan,  juga untuk mematuhi ketentuan peraturan yang berlaku. Jika Anda tidak memberikan data pribadi tertentu yang kami perlukan untuk menyediakan layanan atau produk, maka kami dapat tidak melanjutkan layanan atau produk tersebut untuk Anda.

Kami dapat mengubah Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu dengan memperbarui halaman Kebijakan Privasi pada situs web kami. Jika terdapat perubahan Kebijakan Privasi, kami akan memberitahukan Anda dan, apabila diperlukan, meminta persetujuan Anda terlebih dahulu. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk memeriksa Kebijakan Privasi pada situs web kami dari waktu ke waktu.

Kebijakan Privasi ini tidak mengesampingkan ketentuan-ketentuan dalam prospektus Reksa Dana Manulife, yaitu reksa dana yang diterbitkan dan dikelola oleh MAMI, maupun hak-hak yang Anda miliki berdasarkan peraturan perundang-undangan tentang pelindungan data pribadi yang berlaku.


Rincian Data Pribadi yang Kami Proses

Rincian data pribadi yang kami proses mencakup antara lain:

  • Informasi pribadi dan kontak seperti nama lengkap, nomor telepon, alamat, email, tanggal dan tempat lahir, jenis kelamin, informasi pekerjaan, dan/atau informasi keuangan;
  • Salinan dokumen identitas Anda dan informasi di dalamnya;
  • Informasi tentang status pekerjaan Anda, jabatan dan institusi tempat Anda bekerja;
  • Informasi tentang informasi finansial Anda, seperti gaji dan penghasilan lain;
  • Informasi tentang Anda yang diperoleh dari analisa keuangan atau pemrofilan risiko nasabah;
  • Informasi mengenai pemilik manfaat (beneficial owner), apabila ada, untuk tujuan pemenuhan ketentuan Prinsip Mengenal Nasabah;
  • Informasi status pajak Anda yang diperlukan untuk tujuan pelaporan perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan;
  • Produk dan layanan, dan metode pembayaran yang  Anda gunakan, termasuk riwayat pembelian, penjualan kembali dan pengalihan unit investasi Reksa Dana Manulife yang ada miliki;
  • Informasi tentang produk atau layanan MAMI yang mungkin Anda gunakan melalui mitra pemasaran kami;
  • Informasi penipuan, utang, dan pencurian uang yang mungkin terkait dengan Anda, serta perangkat yang digunakan untuk perbuatan tersebut;
  • Informasi pribadi lainnya yang dikumpulkan untuk keperluan pemberian layanan berkaitan dengan Reksa Dana Manulife yang Anda miliki atau yang diperlukan guna memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku terhadap MAMI; 
  • Apabila Anda menggunakan layanan online/digital yang dioperasikan atau disediakan oleh MAMI (seperti situs web), maka data pribadi yang kami kumpulkan termasuk tipe browser pengunjung, tipe perangkat, dan sistem operasi serta tanggal dan waktu akses;
  • Catatan komunikasi Anda dengan kami yang tercatat pada nomor telepon layanan nasabah kami dan, jika Anda menghubungi kami secara online dengan menggunakan layanan online kami (misalnya: online chat), alamat IP yang Anda gunakan;
  • Informasi pribadi lainnya yang Anda berikan pada kami.


Bagaimana Kami Mendapatkan Data Pribadi Anda

Kami mengumpulkan data pribadi dari sumber-sumber sebagai berikut:

  • Langsung dari Anda ketika Anda melakukan pembukaan rekening dan melakukan transaksi Reksa Dana Manulife;
  • Dari pihak ketiga seperti tenaga pemasar, distributor, dan mitra bisnis yang bekerja sama dengan kami untuk menyediakan produk atau layanan atau penawaran kepada Anda, atau dari pihak lainnya setelah mendapatkan persetujuan dari Anda;
  • Cookie dan alamat IP ketika Anda mengunjungi situs web atau ketika Anda mengisi formulir kontak kami di dalam situs web kami.

 

Bagaimana Kami Menggunakan Data Pribadi Anda dan Legalitas Pemrosesan Data Pribadi Anda

Kami hanya menggunakan dan menyimpan data pribadi Anda sesuai tujuan penggunaannya, untuk tujuan lain yang Anda setujui, dan untuk pemenuhan kewajiban hukum yang berlaku sebagaimana diatur dalam Undang Undang No. 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi dan peraturan Otoritas Jasa Keuangan  yang terkait.

Kami akan menggunakan data pribadi yang kami terima untuk tujuan berikut:

  • Proses administrasi dan layanan terkait produk Reksa Dana Manulife yang Anda miliki, sehingga memungkinkan kami memenuhi kewajiban selaku manajer investasi kepada Anda termasuk, namun tidak terbatas pada:

a.        Pembukaan rekening investasi Anda di MAMI;

b.        Pembuatan Single Investor Identification (SID) di Kustodian Sentral Efek Indonesia;

c.        Pemrosesan transaksi pembelian, penjualan kembali dan pengalihan unit investasi;

d.        Pemrosesan pengkinian data nasabah;

e.        Kegiatan operasional MAMI;

f.         Pelayanan nasabah termasuk penanganan keluhan/komplain.

  • Penyediaan layanan nasabah, termasuk, namun tidak terbatas, untuk memenuhi permintaan informasi nasabah, menyampaikan pemberitahuan dalam hal terdapat perubahan informasi yang berkaitan dengan produk dan layanan yang Anda miliki.
  • Penyimpanan informasi Anda untuk keperluan administrasi dan proses bisnis internal lainnya.
  • Mematuhi peraturan yang berlaku yang MAMI atau Grup Manulife, namun tidak terbatas, pada peraturan terkait anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme. penipuan, dan kejahatan keuangan lainnya serta pelaporan kepada otoritas yang berwenang.
  • Merancang dan menyediakan produk dan layanan lain yang mungkin sesuai dengan kondisi pasar dan kebutuhan nasabah.
  • Pengambilan keputusan atau pembuatan profil otomatis, yang tidak menimbulkan akibat hukum atau yang tidak memiliki dampak signifikan terhadap Anda.

Untuk tujuan analisa statistik atau tren, dengan menggunakan teknologi terkini, kami juga dapat mengolah data pribadi secara anonim, dengan menggabungkan atau mengagregasi data yang ada dengan informasi lain yang kami kumpulkan untuk tujuan-tujuan di atas. Namun demikian, kami akan tetap berupaya melindungi kerahasiaan dan keamanan data pribadi yang kami miliki, simpan atau kendalikan dengan cara: (i) membatasi akses terhadap data pribadi tersebut; dan (ii) menerapkan upaya perlindungan administratif, teknis dan fisik yang wajar untuk mencegah kehilangan, penyalahgunaan atau pengungkapan data pribadi yang tidak sah dan melanggar hukum.

Selain itu, kami juga dapat menggunakan dan mengungkapkan data pribadi yang Anda berikan bersama dengan informasi lain, kepada pihak lain (seperti perusahaan terafiliasi kami) guna mengirimkan tawaran pemasaran produk dan layanan kami kepada Anda secara langsung melalui telepon, email, media sosial maupun media elektronik lainnya, atau mengirimkan perkenalan tentang produk dan layanan dari pihak terafiliasi yang telah kami pilih dengan cermat untuk Anda. Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, kami akan meminta persetujuan Anda. Apabila Anda hendak menarik persetujuan tersebut, Anda dapat menghubungi Layanan Nasabah MAMI melalui telepon di 021 2555 2255 dan e-mail ke hai@manulifeam.com.

 

Masa Penyimpanan dan Pemrosesan Data Pribadi Anda

Data pribadi Anda akan diproses selama Anda menjadi nasabah dengan MAMI. Kami akan mengakhiri pemrosesan data pribadi Anda jika Anda tidak lagi menjadi nasabah MAMI.

Kebijakan MAMI mewajibkan kami untuk tetap menyimpan data pribadi Anda selama Anda menjadi nasabah dan sampai dengan 7 (tujuh) tahun setelah tujuan pengumpulan data pribadi terpenuhi, termasuk ketika hubungan dengan nasabah berakhir karena penutupan rekening investasi di MAMI.

Namun demikian,  kami dapat menyimpan data pribadi Anda lebih lama dari jangka waktu yang disebutkan di atas  untuk kondisi-kondisi tertentu, seperti: (i) apabila kami diwajibkan atau diizinkan untuk melakukan hal tersebut sesuai ketentuan hukum, perpajakan, akuntansi dan/atau oleh otoritas yang berwenang; (ii) dalam hal terdapat keluhan atau keberatan, sehingga kami perlu memiliki catatan yang akurat mengenai hubungan Anda dengan kami; atau (iii) apabila kami mengantisipasi potensi sengketa hukum yang berkaitan dengan ataupun memerlukan pemrosesan data pribadi Anda.

Dalam hal data pribadi Anda tidak lagi diperlukan, kami akan memastikan agar data pribadi tersebut dimusnahkan atau disimpan dengan suatu metode sehingga data tersebut tidak dapat lagi digunakan untuk mengidentifikasi Anda atau untuk keperluan bisnis.

 

Hak-hak Anda Sebagai Subjek Data Pribadi

Terkait bagaimana kami menggunakan dan memproses data pribadi Anda, Anda memiliki hak untuk:

  • Meminta akses dan salinan data pribadi Anda;
  • Meminta kami melengkapi, memperbarui, dan/atau memperbaiki kesalahan dan/atau ketidakakuratan data pribadi Anda sesuai dengan tujuan pemrosesan data pribadi;
  • Meminta kami mengakhiri pemrosesan, penghapusan, pemusnahan Data Pribadi Anda, menarik persetujuan pemrosesan data pribadi Anda yang telah diberikan kepada kami, serta menunda atau membatasi pemrosesan Data Pribadi.

MAMI berhak menolak permintaan di atas jika permintaan tersebut tidak sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. Namun mohon perhatikan bahwa dalam memberikan layanan kami, terdapat data-data pribadi yang tetap kami perlukan. Oleh karena itu, jika Anda menyampaikan permintaan untuk pengakhiran pemrosesan, pemusnahan, penghapusan, penarikan persetujuan, penundaan atau pembatasan pemrosesan data pribadi Anda yang menyebabkan kami tidak dapat memproses data pribadi Anda, hal tersebut dapat mempengaruhi kemampuan kami memberikan layanan kepada Anda.

Mohon hubungi Layanan Nasabah MAMI untuk berkonsultasi terlebih dahulu mengenai akibat dari permohonan pengakhiran pemrosesan, pemusnahan, penghapusan, penarikan persetujuan, penundaan atau pembatasan pemrosesan data pribadi Anda sebelum mengajukan permohonan tersebut kepada kami.

Hak-hak Anda sebagai subjek data sebagaimana dijelaskan di atas tunduk pada ketentuan hukum yang berlaku di Republik Indonesia.

Silakan menghubungi Layanan Nasabah MAMI untuk memberikan persetujuan, verifikasi atau mengajukan perbaikan data pribadi. Anda juga dapat melakukannya secara mandiri dengan masuk ke akun Anda di situs web kami. Layanan Nasabah MAMI juga dapat memberikan bantuan jika Anda bermaksud mengajukan permohonan penarikan persetujuan, memperoleh akses dan/atau salinan, atau menyampaikan keberatan terkait pemrosesan data pribadi Anda.

 

Pembaharuan: September 2024

 

Informasi libur

Menyambut Hari Raya Idul Adha 1446 H, kantor kami tidak beroperasi pada Jumat 6 Juni dan Senin 9 Juni 2025 dan akan kembali beroperasi pada 10 Juni 2025. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Informasi libur

Menyambut Hari Raya Idul Adha 1446 H, kantor kami tidak beroperasi pada Jumat 6 Juni dan Senin 9 Juni 2025 dan akan kembali beroperasi pada 10 Juni 2025. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more