Skip to main content
Back

Warning! Jebakan terhadap orang kaya

20 Maret, 2023

Mungkin Anda pernah menonton film yang bercerita banyak tentang kesuksesan dan kekayaan seperti The Godfather karya Francis Ford Coppola dan Mario Puzo dimana ditokohkan seseorang atau keluarga yang menghabiskan hidup dan mengorbankan banyak hal untuk kekakayaan dan kekuasaan. Mereka digambarkan takut kehilangan kekayaannya atau bahkan terjebak di posisi dimana mereka tidak bisa berhenti bergerak atau bahkan mengakibatkan hancurnya hubungan keluarga. Hal seperti ini mungkin nelum tentu dapat dibayangkan oleh orang-orang pada umumnya, bagaimana kekayaan memberi dampak pada seseorang, mulai dari perubahan gaya hidup dan orang-orang disekitarnya.

Kali ini kita bisa mencoba mengenali bersama beberapa hal dimana orang-orang sukes seringkali terperangkap dalam jebakan kekayaannya sendiri yang tentunya tidak diharapkan terjadi pada kita semua disini.

  1. Perangkap lifestyle shock

    Perangkap pertama ini merupakan hal yang lumrah. Bayangkan saja begini: Anda terbiasa hidup pas-pasan dengan mie instan dan motor tua menemani hari-hari profesional Anda selama bertahun-tahun. Namun itu dulu, sekarang Anda memiliki pendapatan puluhan juta sebulan dan yang sebelumnya hanya bisa dibayangkan untuk Anda miliki sekarang berubah menjadi kebutuhan yang mengisi beberapa lubang kosong dalam diri Anda.

    Namun hati-hati dan jangan sampai tenggelam jauh, karena di dalam diri Anda mungkin Anda adalah orang yang sama dengan kebutuhan hidup yang bisa jadi tidak perlu banyak berubah. Jaga pengeluaran lifestyle Anda serendah mungkin dan selalu ingat bahwa kekayaan adalah rasio perbandingan antara pemasukan dan pengeluaran. Anda tidak serta-merta kaya dengan gaji bulanan puluhan juta namun melakukan pengeluaran puluhan juta hingga akhir bulan, Anda sama bokek nya dengan orang lain.

    Banyak orang tidak menyadari saat mereka memiliki pendapatan tinggi, mereka secara juga menumbuhkan keinginan dan kebutuhan baru: tempat tinggal yang lebih besar di lingkungan elit atas dasar keamanan dan akses, smartphone tercanggih hingga outfit kelas atas penunjang kerja Anda. Apapun perkembangannya pastikan pengeluaran Anda tidak melampaui pemasukan Anda, berbelanjalah dengan kendali penuh kesadaran karena barang-barang yang Anda miliki bisa berbalik memiliki Anda. Ada pajak dan biaya perawatan tinggi untuk mobil baru Anda.

    Satu rumah tinggal dan satu rumah liburan di Malang tentu menambah dua kali lipat pengeluaran, ini beban yang berat. Tanpa disadari Anda bisa kembali di kondisi dimana Anda harus terus bekerja keras hanya sekedar untuk bisa mempertahankan apa yang Anda miliki dan lebih buruk lagi kembali diposisi berhutang. 

  2. Perangkap dari keluarga sendiri.

    Kedengarannya buruk sekali, tapi mari coba kita pahami bersama. Sulit secara manusiawi melihat keluarga kita hidup kekurangan sedangkan kita hidup berlebihan. Mereka pasti memiliki impian dan cita-cita, dengan posisi Anda saat ini merasa berkewajiban melakukan sesuatu buat mereka itu wajar. Ini tentu hal yang baik, karena salah satu cara memanfaatkan kekayaan untuk mendapatkan kebahagiaan adalah dengan memberi dan membantu orang lain

    Namun disinilah kehati-hatian diperlukan, saat orang yang kita sayangi tiba-tba mengajukan ide unik tentang konsep bisnis dan usaha kecil hingga menengah yang membutuhkan dana hanya 10 juta rupiah atau 50 juta rupiah dengan jaminan potensi keuntungan yang didasari rasa percaya. Hati-hati, karena sejujurnya seringkali mereka ada pada posisi kekurangan dikarenakan mereka tidak memiliki rasa lapar yang cukup, kemauan dan keberanian untuk mengorbankan banyak hal seperti Anda untuk mencapai kesuksesan.

    Mereka tidak akan butuh bantuan Anda jika mereka mampu berdiri di atas kaki mereka sendiri lewat hasil jerih payah mereka. Tips penting dalam menjalin hubungan baik dengan keluarga dekat adalah untuk tidak meminjamkan uang kepada mereka apalagi dalam jumlah yang sangat besar, pertimbangkan untuk memberikannya walau hanya sebagian kecil sebagai hadiah dan perjelas jika tidak perlu dikembalikan.

 

Simak lebih lanjut tentang perangkap-perangkap lain yang berasal dari kekayaan mulai dari anak, pekerjaan hingga gengsi dengan menonton video berikut ini:

Informasi libur

Menyambut Hari Raya Waisak 2568 BE, kantor kami tidak beroperasi pada 23-24 Mei 2024 dan akan kembali beroperasi pada 27 Mei 2024. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Informasi libur

Menyambut Hari Raya Waisak 2568 BE, kantor kami tidak beroperasi pada 23-24 Mei 2024 dan akan kembali beroperasi pada 27 Mei 2024. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more
Confirm