Skip to main content Skip to notification content
Back

Reksa dana sukuk:

 

Manulife Syariah Sukuk Indonesia

Reksa dana dengan pengelolaan investasi sesuai prinsip-prinsip syariah lewat surat berharga syariah negara dan syariah komersial.

 

Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI) menawarkan keunggulan dibanding deposito syariah: dapat dicairkan kapan saja dan potensi imbal hasil 2% di atas rata-rata bagi hasil deposito syariah. Dengan alokasi terbesar pada sukuk/surat berharga negara syariah/surat berharga komersial syariah, MSSI menjadi alternatif yang ideal untuk investor dengan tujuan jangka pendek, maupun yang mengincar investasi dengan fluktuasi minimal namun memberikan hasil relatif lebih tinggi daripada deposito syariah. Dengan pengelolaan sesuai prinsip-prinsip syariah, Anda tak perlu ragu lagi hasil investasi dana Anda dapat dipastikan berasal pengelolaan Portofolio Efek yang seluruh aset investasinya terdaftar dalam Daftar Efek Syariah (DES).

 

Diawasi oleh Unit Pengelolaan Investasi Syariah (UPIS), dan Dewan Pengawas Syariah (DPS)

 

Investasi reksa dana konvensional diawasi oleh OJK, namun untuk memastikan Reksa Dana Manulife Syariah Sukuk Indonesia sesuai dengan prinsip syariah, pengawasan dari OJK saja tidak cukup. Karenanya Manulife Syariah Sukuk Indonesia juga diawasi oleh DPS alias Dewan Pengawas Syariah. DPS juga wajib melaporkan hasil pengawasan syariah kepada direksi, komisaris, Bank Indonesia, dan Dewan Syariah Nasional MUI (DSN-MUI). DPS juga wajib memberikan saran penyaluran dana hasil cleansing alias pembersihan keuntungan yang dinilai tak halal dalam bentuk amal. Penyaluran dana cleansing atau pembersihan dijalankan setelah mencapai nominal tertentu dan fitur ini membuat investor secara tidak langsung turut beramal.

Manulife Syariah Sukuk Indonesia juga ikut diawasi secara langsung oleh Unit Pengelolaan Investasi Syariah (UPIS) MAMI yang bertanggung jawab memastikan pengelolaan Portofolio Efek sesuai dengan Prinsip Syariah dan dan aset investasinya terdaftar dalam Daftar Efek Syariah (DES). Perusahaan yang saham atau asetnya tercantum dalam DES, setidaknya memenuhi tiga persyaratan utama, yaitu: Kegiatan usaha tidak bertentangan dengan prinsip syariah, Total utang perusahaan tidak melebihi 45 persen dari total aset yang dimiliki, pendapatan yang mengandung unsur non-halal tidak melebihi 10 persen dari total pendapatan usaha.

 

Risiko investasi yang relatif rendah, aman dan halal

 

Keunggulan Manulife Syariah Sukuk Indonesia:

  1. Risiko lebih rendah

    MSSI memiliki strategi investasi di sukuk tenor pendek yang memiliki karakteristik fluktuasi rendah, dan sesuai namanya Manulife Syariah Sukuk Indonesia mayoritas alokasi investasinya adalah SUKUK yaitu surat berharga syariah yang diterbitkan oleh Pemerintah dan perusahaan swasta.

  2. Berinvestasi sekaligus beramal

    Adanya fitur cleansing atau pembersihan membuat investor secara tidak langsung turut beramal.

  3. Aman dan halal

    OJK mengawasi manajer investasi, agen penjual, hingga bank kustodian yang menampung uang investor. Semua pihak tunduk pada aturan yang berlaku. Manulife Syariah Sukuk Indonesia tak cuma aman, tapi juga halal. Sebab, semua dilakukan mengikuti prinsip syariah. Ditambah lagi, ada pengawasan langsung dari DPS.

 

Pembagian Hasil Investasi (PHI) dalam bentuk tunai atau unit penyertaan, setiap bulan2

 

Manulife Syariah Sukuk Indonesia adalah investasi pasar modal yang memiliki karakteristik mirip deposito syariah yang tentunya juga dikelola sesuai amanah dan prinsip syariah. Selain itu reksa dana ini memiliki fitur Pembagian Hasil Investasi (PHI) yang dibagikan setiap bulan.

Dengan alokasi terbesar pada sukuk/surat berharga negara syariah/surat berharga komersial syariah, MSSI menjadi alternatif ideal bagi investor dengan tujuan jangka pendek, maupun yang mengincar investasi dengan fluktuasi minimal namun memberikan hasil relatif lebih tinggi daripada deposito syariah sebesar 2% di atas rata-rata bagi hasil deposito syariah1. Manulife Syariah Sukuk Indonesia dapat dicairkan kapan saja dan hasil investasinya tidak dipotong pajak.

 

Pelajari lebih lanjut

Untuk detail lebih lanjut, hubungi Layanan Investasi MAMI (LANI).

 

Produk lain untuk tujuan investasi berbeda?

Dapatkan langsung di Manulife iFUNDS, platform Investasi Online Reksa Dana Manulife.

Sumber:

1 Rata-rata deposito syariah 1 bulan di bank lokal +2% (net setelah pajak)

2 PHI mengacu pada prospektus masing-masing produk reksa dana. Manajer Investasi, atas kebijakannya sendiri dengan memperhatikan kinerja MSSI, dapat membagikan sebagian atau seluruh hasil investasi yang diperoleh MSSI setiap satu bulan sekali. Pembagian hasil investasi akan dikonversikan menjadi Unit Penyertaan MSSI bagi Pemegang Unit Penyertaan dengan nilai investasi di bawah Rp100 juta sedangkan bagi Pemegang Unit Penyertaan dengan nilai investasi senilai sama dengan atau di atas Rp100 juta dapat meminta pembagian hasil investasi dalam Unit Penyertaan atau dalam bentuk uang tunai dengan cara pemindahbukuan/transfer dalam mata uang Rupiah ke rekening yang ditunjuk Pemegang Unit Penyertaan. Tidak ada garansi/jaminan mengenai frekuensi pembagian hasil investasi tersebut baik dalam bentuk uang tunai atau Unit Penyertaan. Pembagian hasil investasi akan sangat tergantung pada kinerja MSSI dan sepenuhnya merupakan keputusan manajer investasi.

Hubungi LANI

Telp. +62 21 2555 2255

 

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more

Waspada modus penipuan mengatasnamakan MAMI. Selengkapnya

View more